The Best 10 PR Agency di Jakarta

Public Relation atau PR kini perkembangannya makin pesat seiring banyak permintaan akan kebutuhan publikasi.

Public relation di Indonesia awalnya lebih dikenal dengan istilah Humas (Hubungan Masyarakat). Mengapa dikatakan hubungan masyarakat? Sebab kegiatan ini sangat berkaitan kepada masyarakat sebagai object yang dituju.

Menurut Jefkins Frank, pengertian dari public relation adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.

Namun, sepertinya tidak hanya sebatas saling pengertian saja melainkan pula berbagai macam tujuan khusus lainnya yang saling berkaitan dari sebuah saling pengertian tersebut.

Dari pengertian di atas, banyak sekali yang bisa dilakukan para PR atau PR agency dalam melakukan perannya. Apa sajakah tugas dari sebuah PR Agency?

Baca juga : Berbagai Aktivitas Jasa Konsultan PR Agency Bali yang Harus Dipahami

Tugas apa yang dilakukan oleh PR Agency?

Tugas dari PR atau PR agency tidaklah sedikit, tidak hanya membuat press release saja, namun berbagai aktivitas untuk membawa nama baik ke publik perlu memiliki tahapan dan strateginya.

Menurut Collin Coulson-Thomas (2002: 18-19), tugas-tugas pokok public relations adalah:

1. Mengevaluasi kekuatan dan kelemahan perusahaan, baik perusahaan sendiri maupun kompetitor, juga ancaman dan peluangnya; mendiagnosis masalah-masalah yang dapat dipecahkan melalui saran-saran publik relation; mengidentifikasi masyarakat yang dituju dan saluran-saluran yang paling efektif digunakan untuk menjangkau mereka;

2. Memberi nasihat kepada pihak manajemen di semua tingkatan, terutama mengenai perkembangan intern dan ekstern, yang mungkin dapat mempengaruhi reputasi perusahaan/organisasi dalam hubungannya dengan kelompok-kelompok lain yang menjadi sasaran komunikasi perusahaan/organisasi tersebar;

3. Menjadi ahli depositor karena itu harus mengetahui semua aspek komunikasi perusahaan, baik intern maupun ekstern. Dengan cara mempertahankan para ahli, baik yang sudah ada maupun yang baru masuk, sehubungan dengan teknik-teknik yang relevan dan kemudahan-kemudahan serta kontak-kontak yang mungkin digunakan mereka;

4. Membuat kontak dengan para pengambil keputusan ekstern yang penting. Selain itu, mengontak pula para pencetus ide dan sumbersumber informasi lain

5. Memastikan arus informasi yang efektif untuk kelompok-kelompok masyarakat yang terpilih, guna memanfaatkan saluran-saluran komunikasi yang cocok untuk mereka, seperti buku, majalah keluarga, surat kabar, radio, televisi, brosur, wawancara dan lain sebagainya
6. Membentuk komisi-komisi riset untuk proyek-proyek khusus, agar dapat menentukan dan memperkirakan situasi dan masalah, atau untuk mengukur efektivitas program-program dari public relation yang telah dilaksanakan
7. Mengevaluasi masalah-masalah dan aktivitas public relation, sehingga dapat memberikan laporan-laporan yang teratur kepada pihak manajemen
8. Merencanakan dan memanaj kegiatan-kegiatan delegasi perusahaan/ organisasi. Misalnya, pameran, kunjungan, pertemuan, dan lain sebagainya
9. Membantu bagian-bagian lain dengan menganalisis masalah-masalah komunikasi, menulis dan menerbitkannya, memberikan keterangan baik dengan audio-visual maupun sarana-sarana pendukung lain serta bekerjasama untuk menanggulangi masalah-masalah yang telah ditentukan
10. Memastikan seluruh perusahaan/organisasi dan tidak melakukan
sesuatu tindakan yang dapat mencemarkan nama baik perusahaan/ oganisasi.

Setelah melihat penjelasan apa saja yang dilakukan oleh PR, mungkin kamu sudah mendapatkan sedikit gambaran saat ingin menggunakan jasa PR untuk perusahaanmu atau tempat kamu bekerja.

Baca juga : Manfaat Layanan Agensi Public Relation Erat Communication

Bagi kamu yang sedang mmbutuhkan publikasi dan mencari PR Agency yang sekiranya bisa diandalkan..

Berikut 10 PR agency di Jakarta yang kami rekomendasikan!

1. Akudigital

Akudigital sebagai PR Agency di Jakarta membantu bisnis kien tumbuh & berkembang secara digital. Akudigital memastikan pesan yang disampaikan ke masyarakat relevan dan persuasif. Strategi komunikasi yang dilakukan melalui media massa untuk meningkatkan citra positif dengan cara menempatkan pesan yang tepat.

Alamat: Jl. Hang Lekir VI No.11, RT.4/RW.6, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120
Website: www.akudigital.com

2. Erat Communications

Erat communication merupakan konsultan PR yang hadir untuk menjembatani antara suatu brand dengan media media dan pemangku kepentingan agar informasi yang disampaikan bisa terpublikasi ke masyarakat luas.

Bersama tim profesional, Erat menciptakan solusi terbaik untuk menjawab kebutuhan klien melalui strategi komunikasi yang tepat guna. Erat Communication memastikan pesan yang diterima relevan dan memiliki jangkauan publikasi yang lebih luas dan efektif.

Alamat: Jl. Pluit Permai Raya No.20, Pluit, Jakarta Utara, DKI Jakarta
Kontak: 081314499666
Website: erat.id

3. Fortune PR

Fortune PR atau PT Fortune Pramana Rancang merupakan sebuah perusahaan konsultan komunikasi yang menyediakan layanan konsultasi komunikasi korporat dan pemasaran.
Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari PT Fortune Indonesia Tbk, sebuah perusahaan periklanan lokal yang berdiri tahun 1970. Fortune PR juga menjadi salah satu partner di Worldcom Group of Public Relations, sebuah organisasi perusahaan konsultasi komunikasi global.
Alamat: Plaza 3 Pondok Indah Blok D.03, Jalan TB Simatupang, RT.5/RW.17, Pondok Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310
Kontak: (021) 7658508

4. Edelman Indonesia
Edelman Indonesia adalah perusahaan konsultasi Public Relations yang mengkhususkan diri dalam corporate communication, consumer and brand marketing, government, dan media relations. Menawarkan solusi komunikasi pemasaran kepada klien untuk berkembang, mempromosikan, dan melindungi merek mereka. Layanan Edelman Indonesia brand marketing and digital meliputi creative campaign development; research and planning; serta content development, production dan amplification.
Alamat: Menara Sentraya, Lantai 21, Jl. Iskandarsyah Raya No. 1A Kebayoran Baru, DKI Jakarta 12160.
Kontak: +62 21 27883888

5. Image Dynamics
Image Dynamics adalah salah satu pilihan mitra hubungan masyarakat di Indonesia. Didirikan pada tahun 2004 oleh Harry Tumengkol, Trishi B Setiayu dan Utomo Wisjnu.

Alamat: Menara Sentraya, 11th Floor. Jl. Iskandarsyah Raya No.1A, Pasaraya Blok M, Jakarta.
Kontak: (021) 27883709

6. Imogen PR & Digital
Imogen Public Relations (PR) adalah agen komunikasi terintegrasi terkemuka yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Didirikan pada tahun 2006. Imogen PR menawarkan spektrum penuh layanan komunikasi.

Imogen PR adalah anggota dari Business and Marketing Institute Consulting Group (BMICG), sebuah keluarga konsultan khusus yang menyediakan corporate communications, media buying, radio activation, digital advertising, out of home media dan business consulting.

Salah satu pendiri agensi, Jojo S. Nugroho adalah komunikasi yang terakreditasi, serta Penilai Terverifikasi dari Badan Sertifikasi Profesi Nasional (BNSP). Sebagai Ketua Umum Asosiasi Hubungan Masyarakat Indonesia (APPRI), ia juga memainkan peran yang menentukan dalam membentuk lanskap PR Indonesia.

Keahlian yang dimiliki diantaranya strategic communications consulting, media relations and marketing PR, to the implementation of large-scale PR campaigns, reputation management, public affairs, strategic consulting and crisis communication.

Imogen PR telah menyelesaikan banyak proyek komunikasi di Indonesia dan bekerja dengan lebih dari 60 klien, di antaranya perusahaan multinasional (Unilever, Phillip Morris, Mondelez, BMW), organisasi internasional, lembaga negara, perusahaan dan LSM.

Alamat: Jl. Kemang Timur No.65, RT.6/RW.3, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730
Kontak: (021) 7181389

7. Maverick
Berdiri sejak tahun 2002, Maverick Indonesia berkomitmen menjadi konsultan komunikasi yang fokus membangun, meningkatkan, dan menjaga brand sekaligus reputasi para klien. Maverick Indonesia dipondasikan dengan sejumlah ahli di bidang Media Relations, Digital, Research and Measurement, Community Engagement, Design, dan Training.
Maverick Indonesia membidik klien dari berbagai bidang industri, dan beberapa diantaranya dikenal sebagai blue chip company. Maverick pernah menangani klien seperti Airbus, Airbus Defense and Space, Eurofighter Typhoon, Microsoft, OPPO, Austindo Nusantara Jaya, Nestle, Lactogen, William Grant & Sons, Heineken, Brand A, dan Sampoerna Kretek.
Alamat: Jl. Kyai Maja 21 E, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12120
Kontak: 021-72789833

8. Rika & Rekan (R&R) PR
Rika dan Rekan (Hubungan Masyarakat R&R) adalah perusahaan konsultan Indonesia yang khusus menyediakan solusi dan layanan untuk mengatasi masalah perusahaan terkait dengan hubungan masyarakat. Didirikan lebih dari 18 tahun oleh Rika Novriadi, R&R telah berpengalaman bekerja dengan klien di berbagai bidang industri, mulai dari keuangan, FMCG, farmasi, hingga merek otomotif.

R&R bertujuan untuk menciptakan solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan klien dengan membawa ide segar dan merencanakan program komunikasi terintegrasi strategis untuk membangun identitas yang kuat di ruang publik dan untuk terhubung dengan para audiens.

Alamat: Jl. Bungur No.88, RT.4/RW.2, Kebayoran Lama Selatan, Kec. Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12240
Kontak: (021) 7263 109 | (021) 7263 110

9. Inke Maris & Associates
Didirikan pada tahun 1986, Inke Maris & Associates adalah konsultan hubungan masyarakat independen terkemuka. Dengan pengalaman yang cukup lama, Inke Maris & Assicates salah satu perusahaan Indonesia yang bisa dikatakan telah mapan dan dihormati yang memberikan nasihat strategis kepada sejumlah perusahaan multinasional blue-chip, perusahaan nasional kelas dunia, dan lembaga publik di Indonesia.

Inke Maris & Associates merupakan konsultan yang telah memperoleh wawasan mendalam dan pengetahuan luas dari berbagai industri dan mengembangkan jaringan luas di sektor publik dan swasta di seluruh negeri.

Alamat: Jl. KH Abdullah Syafi’i No. 28/ Jl. Casablanca, Jakarta 12840, Indonesia
Kontak: (021) 828 1250

10. IDComm
Didirikan pada tahun 2014, Indonesia Communications (ID COMM) adalah perusahaan hubungan masyarakat dan komunikasi yang dipelopori oleh penasihat berpengalaman dari bidang komunikasi.

Sektor yang difokuskan diantaranya pembangunan, manajemen komunikasi perusahaan, pemasaran bisnis, komunikasi digital, periklanan, penelitian, literatur, media dan organisasi pemerintah, dengan konseling jaringan yang luas untuk perusahaan multi nasional dan entitas Indonesia terkemuka dalam beragam urusan publik, urusan perusahaan dan inisiatif komunikasi konsumen.
Alamat: Senayan Trade Center Lantai 3 No.135, Jl. Asia Afrika, Jakarta Pusat 10270
Kontak: (021) 5793-6477

Itulah 10 daftar PR agency yang kami rekomendasikan. Siapa pun agency yang akan digunakan, pastikan kebutuhannya. PR agency yang baik adalah mereka yang senantiasa menjaga hubungan baik dengan para awak media. Tanpa media, bisa dikatakan perusahaan bukan apa-apa.

Faktanya, saat ini brand-lah yang membutuhkan media, bukan media yang membutuhkan brand. Namun tak terlepas dari itu, reputasi sebuah media pun patut diperhitungkan.

kuis online berhadiah
kuis online berhadiah