Ini 10 Peringatan Hari Kasih Sayang di Dunia Selain Valentine

Bagaimana persiapan hari Valentine Anda? Valentine atau hari kasih sayang sangat populer di kalangan masyarakat dunia. Di beberapa negara, perayaannya pun digelar secara spesial dan megah.

Bahkan beberapa negara punya tradisi khusus untuk memperingatinya. Misalnya saja, Amerika Serikat yang telah merayakan Valentine sejak tahun 1700an. Disana, setiap toko dipenuhi dekorasi khas Valentine.

Selain valentine, sebenarnya 10 negara di bawah ini punya tradisi hari kasih sayang yang berbeda.

Negara mana sajakah yang menggelar perayaan kasih sayang khusus?

1. Brazil

Dia dos NamoradosAlih-alih merayakan hari Valentine, masyarakat Brazil justru melewatkannya begitu saja. Pasalnya, hari kasih sayang di Brazil jatuh pada tanggal 12 Juni setiap tahunnya.

Perhelatan hari kasihnya pun tak jauh berbeda dengan Valentine. Disini, masyarakat menyebut perayaan tersebut dengan Dia dos Namorados. Di hari ini, semua orang akan bertukar hadiah, kartu, maupun coklat dengan pasangan dan orang terkasih.

Mereka akan menghabiskan waktu untuk makan malam bersama keluarga dan pasangan. Selain dikenal sebagai hari kasih, 12 Juni juga bertepatan dengan hari St. Anthony’s. Ia merupakan santo pelindung pernikahan yang sangat dihormati masyarakat Brazil.

2. Korea Selatan

white day
source: www.pinoyseoul.com

Berbeda dengan negara lain, Korea Selatan ternyata punya tradisi unik di hari Valentine. Pada perayaan Valentine biasanya para perempuan memberikan coklat pada pasangan mereka.

Sebulan setelahnya, tepatnya 14 Maret, para laki-laki akan memberi coklat balasan. Perayaan ini dikenal dengan White Day atau hari putih, dimana laki-laki membalas cintanya kepada pasangan.

Para laki-laki yang tak menerima coklat umumnya akan merayakan dengan cara yang unik. Mereka akan mendatangi warung mie hitam dan bersantap bersama. Masyarakat Korea Selatan menyebutnya Black Day, karena perayaan tersebut.

3. Rumania

dragobete day
source: unveilromania.com

Masyarakat Rumania punya dongeng khusus terkait hari kasih sayang. Disini, hari kasih justru jatuh pada tanggal 24 Februari. Berdasarkan dongeng, anak perempuan biasanya akan menghabiskan waktu seharian di hutan.

Mereka akan mengumpulkan bunga-bunga dan berlari pulang saat matahari terbenam. Pada saat inilah para laki-laki mengejar perempuan yang mereka sukai.

Jika mereka berhasil menangkap perempuan tersebut, pertunangan akan langsung diumumkan. Tradisi yang dinamakan Dragobette ini merupakan pembuka dari musim semi. Sayangnya, masyarakat mulai meninggalkannya.

4. Wales

St Dwynwens Day
source: www.merrymidwinter.com

Kisah cinta Dwynwen menjadi cikal bakal St. Dwynwen’s Day di Wales. Alkisah, ada seorang perempuan jatuh cinta pada seorang laki-laki yang telah bertunangan. Cinta tak berbalasnya membawa Dwynwen mengabdikan dirinya kepada Tuhan.

Ia menjadi santo yang reruntuhan gerejanya masih bisa disaksikan di Pulau Llanddwyn. Demi mengenang sang santo, masyarakat biasanya berziarah kesana pada tanggal 25 Januari.

5. Spanyol

St George's Day - St George's Day 2019 Events In London
source: assets.londonist.com

Berawal dari kisah Saint Gregorius yang berhasil membunuh seekor naga, hari St. George’s Day pun diperingati. Perayaannya sendiri dihelat pada tanggal 23 April, dimana setiap laki-laki memberikan bunga mawar kepada perempuan.

Tak cuma laki-laki saja, perempuan biasanya akan membalas dengan hadiah buku. Masyarakat Barcelona dan Catalonia pun populer dengan hari kasih yang satu ini.

6. Afrika Selatan

Lupercalia day
source: wildhunt.org

Laki-laki Afrika Selatan punya cara yang unik untuk mengetahui para pengagumnya. Mereka bisa melihatnya pada lengan para perempuan disana.

Umumnya, perempuan akan menempelkan nama laki-laki yang disukai di hari kasih sayang, 14 Februari. Para pasangan akan bertukar kado khas Valentine, seperti coklat, bunga, maupun kartu. Perayaan ini terinspirasi dari tradisi Romawi Kuno, Lupercalia.

7. Tiongkok

qixi-chinese_valentines
source: www.beijing-kids.com

Perayaan Qixi atau hari kasih sayang Tiongkok didasarkan pada kalender bulan. Sesuai namanya, peringatannya jatuh pada hari ketujuh pada bulan ketujuh.

Di hari ini, para perempuan akan mempersembahkan melon kepada Zhinu sembari berharap mendapat pasangan yang baik. Sementara para pasangan yang telah menikah akan datang ke kuil.

Pada malam hari, semua orang berkumpul untuk melihat bintang Vega dan Altair sebagai perwujudan Zhinu dan Niulang.

8. Israel

Tu B’Av
source: tcjewfolk.com

Tu B’Av, itulah sebutan yang disematkan oleh masyarakat Israel. Perayaannya sendiri telah berlangsung sejak zaman Alkitab. Para perempuan akan menari di kebun Anggur pada musim panas, yakni 15 Agustus. Mereka akan memakai baju berwarna putih sembari memanen anggur. Tradisi menari diketahui baru muncul belakangan, sebab sebelumnya ditandai dengan pemberian coklat dan bunga.

9. Finlandia

Friend’s Day
source: finland.fi

Kalau masyarakat dunia mengenal 14 Februari sebagai hari Valentine, berbeda dengan masyarakat Finlandia. Orang-orang disini justru merayakan Friend’s Day di hari tersebut.

Semua orang akan membagikan bunga, permen, maupun coklat kepada sahabat atau teman. Dalam bahasa Finlandia, masyarakat menyebutnya Ystävänpäivä yang dirayakan sejak 1980an.

10. Hongkong

dewa Yue Lao
source: tridharma.or.id

Tak merayakan hari kasih sayang pada 14 Februari, para lajang di Hongkong justru merayakannya pada 22 Februari. Pada hari itu, mereka akan berjalan keluar rumah sembari membawa lentera. Mereka akan pergi ke kuil untuk berdoa dan memohon kepada dewa Yue Lao (dewa pernikahan).

Selain Valentine, ternyata ada begitu banyak peringatan hari kasih sayang di dunia. Setiap negara punya tradisi unik yang bisa Anda ketahui. Beberapa diantaranya justru tak mengkhususkan hari kasih sayang bersama pasangan.

Jadi, negara mana yang perayaan hari kasih sayang yang unik menurut Anda?

Baca juga :

kuis online berhadiah
kuis online berhadiah