5 Tips memilih Jasa Public Relations di Jakarta – Memasuki era pasar global, berbagai jenis perusahaan membutuhkan publikasi dan branding untuk menarik pasar supaya tertarik dengan mereka.

Tidak hanya perusahaan, individu pun saat ini memerlukan branding, oleh sebab itu banyak dikenal istilah personal branding. Nah untuk membuat citra seseorang atau perusahaan bagus, dapat dilakukan secara organik atau dengan menggunakan jasa.

Cara-cara organik dirasa sangat lambat apabila tidak memahami betul bagaimana strategi yang tepat. Ditekan tuntutan pasar dan competitor, maka diperlukan jasa public relation.

Public Realtion (PR) merupakan salah satu bidang layanan yang secara professional khusus untuk melakukan promosi baik bagi individu maupun perusahaan. Cara-cara yang ditempuh pun selalu mengalami pembaharuan supaya tepat sasaran dan tidak membutuhkan waktu lama.

Namun seiring dengan banyaknya kebutuhan pasar terhadap jasa public relation, bermunculan banyak sekali public relation terutama di ibukota Jakarta. Sebagai pusat pemerintahan, bisnis, perdagangan dan berbagai hal, sudah tidak heran jika jasa ini menjamur di Jakarta.

Nah oleh sebab itu, untuk menentukan jasa PR terbaik di Jakarta pun dibutuhkan tips dan trik tersendiri supaya tidak ditipu agen abal-abal.

If I was down to my last dollar, i would spend it on public relations – Bill Gates

tips memilih jasa public relation di jakartaBerikut beberapa tips dan trik untuk memilih jasa public relations di Jakarta:

1. Menentukan goals Anda atau Perusahaan Anda

Sebelum Anda menentukan agensi public relation mana yang akan Anda gunakan, sebaiknya Anda menentukan goals Anda menggunakan PR terlebih dahulu.

Hal ni sanat penting supaya ketika Anda sudah menemukan agensi yang tepat, proses pekerjaan pihak agensi pun dapat dilakukan dengan cepat dan branding Anda pun juga terlaksana tanpa menunggu waktu lama. Jadi Anda juga menentukan kecepatan prosesnya dimulai dari hal tersebut.

2. Memilih Public Relation yang Pernah Digunakan Rekan Bisnis Anda

Jika Anda merasa khawatir salah memilih agensi Public Relation yang tepat, sebaiknya Anda bertanya pada rekan bisnis Anda. Tentu saja beberapa dari rekan Anda pernah menggunakan jasa Public Relation.

Anda dapat melihat performa perusahaan rekan Anda dan citranya di masyarakat dan menanyakan agensi Public Relation mana yang digunakan. Hal ini tentu akan mempersingkat waktu bagi Anda untuk menentuka PR terbaik.

3. Memilih Public Relation yang Berpengalaman

Tidak cukup dengan bertanya pada rekan bisnis saja, ketika Anda sudah mencoba memilih agensi PR, alangkah lebih baik jika Anda meninjau portofolio yang mereka miliki. Lihatlah perusahaan dan siapa saja yang pernah dipublikasikan dan bagaimana hasilnya.

Jika tidak puas dengan portofolio yang mereka tunjukkan, Anda dapat mengecek beberapa client mereka dan melihat performanya setelah menggunakan agensi tersebut. Jadi Anda tidak akan termakan pengarus marketing semata.

People do not buy goods and services. they buy relations, stories and magic. Seth Godin

4. Memilih Public Relation yang Mempu Memaparkan Strategi dengan Jelas

langkah efektif strategi public relationSetelah anda bertemu dengan agensi yang dirasa dapat dipercaya, Anda juga harus melihat strategi yang akan mereka gunakan. Jika meyakinkan dan mudah dipahami, Anda tinggal malnjutkan kerjasama.

5. Gunakan Agensi yang Memiliki Tarif Realistis

Jika baru pertama kali menggunakan jasa agensi PR tentu Anda tidak mau merasa rugi kan. Jadi selain tips-tips di atas, Anda juga harus memikirkan perihal budgeting. Anda dapat memilih agensi yang mematok harga realistis, tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal.

 

Manfaat Menggunakan Public Relations bagi Bisnis Anda
source: coschedule.com

Manfaat Menggunakan Public Relations bagi Bisnis Anda

Hidup di era globalisasi seperti sekarang ini setiap orang dituntut untuk memiliki kompetensi dan selalu mengupdate informasi.

Begitu juga dengan Anda yang memiliki usaha baik usaha mikro hingga usaha yang sudah memiliki banyak karyawan. Anda dituntut untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat terkait apa yang Anda jual, keuntungan apa yang Anda jaminkan, dan bagaimana citra yang Anda miliki.

Nah, oleh sebab itu Anda membutuhkan agensi Public Relation yang akan membantu Anda untuk mepublikasi bisnis Anda supaya lebih banyak dikenal masyarakat sebagai bisnis yang mereka butuhkan dan mereka sukai.

Terdapat beberapa manfaat bagi Anda yang memilih untuk menggunakan Agensi Public Relation yakni sebagai berikut.

Menghemat waktu

Hal ini tentu saja akan terjadi karena jika Anda harus banyak membagi waktu untuk banyak pekerjaan tentu waktu Anda akan habis.

Namun jika Anda harus menambah karyawan sedangkan kebutuhan hanya bersifat sementara, tentu akan merugikan bisnis Anda.

Publikasi dan Branding lebih optimal

Agensi Public Relation sudah memiliki berbagai jensi strategi untuk kasus dan tujuan-tujuan tertentu. Oleh sebab itu proses publikasi dan branding tentu akan lebih optimal.

Branding tepat sasaran

Publikasi yang dilakukan oleh agensi PR tentu juga akan tepat sasaran karena mereka juga memiliki base data untuk pasar yang Anda butuhkan.

Anda lebih fokus dalam mengembangkan bisnis

Jika kebutuhan branding sudah dapat diatasi, maka Anda hanya perlu mengembangkan bisnis Anda supaya lebih maju dengan kualitas pelayanan yang optimal.

Nah, tersebut adalah manfaat menggunakan agensi Public Relation yang dapat Anda jadikan pertimbangan.

Sedang mencari jasa public relation yang berpengalaman 15 tahun di bidang PR-ing dan memiliki relasi yang solid dengan berbagai media? hubungi Tim Erat Communication

kuis online berhadiah
kuis online berhadiah