Bagaimana Cara Membangun Brand Awareness apa - itu brand awareness

Brand awareness atau kesadaran merek adalah istilah pemasaran yang menggambarkan seberapa besar tingkat pengakuan konsumen terhadap sebuah produk dengan nama/mereknya.

Idealnya, brand awareness bisa mencakup kualitas yang membedakan produk tertentu dengan para pesaingnya.

Sebuah produk atau layanan yang mempertahankan kesadaran merek tinggi kemungkinan besar akan menghasilkan penjualan lebih banyak, sebab konsumen akan lebih memilih produk dari merk yang terkenal dibanding produk yang belum mereka ketahui.

 

Brand Awareness Menurut Para Ahli

Selain definisi secara umum seperti di atas, ada banyak ahli yang telah menjabarkan apa itu brand awareness. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Darmadi Durianto, Tony Simanjuntak, Sugiarto (Strategi MEnaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuaitas dan Perilaku Konsumen 2004:54)

Brand Awareness adalah kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali, mengingat kembali suatu merek sebagai bagian dari satu kategori produk. Bagian dari suatu kategori produk perlu ditekankan karena terdapat suatu hubungan yang kuat antara kategori produk dengan merek yang dilibatkan.

  1. Aaker (The Power of Brand 2009:39)

Brand Awareness adalah kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori produk tertentu.

 

Tujuan Brand Awareness

Dibentuknya kesadaran merek pada konsumen tentunya bukan tanpa tujuan, melainkan dengan berbagai faktor yang dapat menguntungkan pihak penjual atau produsen. Berikut detail lengkap tujuan dari brand awareness.

Menciptakan Kepercayaan Pelanggan

Salah satu tujuan utama dari brand awareness ialah untuk menciptakan kepercayan pelanggan. Semakin sering sebuah brand menjadi perbincangan, maka akan semakin familiar brand tersebut di benak konsumen. Alhasil konsumen pun akan lebih tergerak untuk membeli produk dari brand terkait.

Meningkatkan Brand Equity

Untuk penggunaan angka panjang, pengalaman konsumen serta impresinya menggunkan produk akan membentuk brand equity. Brand equity ini akan dikatakan baik ketika pengalama dan impresi positif didapatkan oleh para konsumen.

Memudahkan Menjaring Konsumen Baru

Bagi konsumen awam, memilih sebuah produk atau layanan yang berkualitas bukanlah hal yang mudah bahkan cenderung membingungkan, sebab kebanyakan konsumen takut membeli produk yang belum pernah digunakan.

Untuk menghindari kemungkinan buruk, biasanya mereka akan membeli produk yang sudah digunakan oleh orang lain. Oleh sebab itu, membetuk reputasi dan impresi positifi sangatlah penting bagi pemilik brand guna menjaring konsumen baru.

Mendorong Loyalitas Konsumen

Setelah menjadi konsumen, diharapkan mereka bisa menjadi pelanggan yang loyal. Menariknya, produk atau layanan yang memiliki brand awareness tinggi mampu mempertahankan dan mendorong konsumen menjadi pelanggan setia.

Dengan kata lain, brand awareness ialah jawaban dari tantangan B2C atau business to consumer, yang mana pelanggan cenderung pindah dari satu produk ke produk lain karena faktor banyaknya pilihan yang tersedia.

 

How to Build a Brand

Bagaimana Cara Membangun Sebuah Brand?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan sebuah perusahaan atau produsen dalam membentuk sebuah brand awareness. Cara-cara ini tentunya bisa dilakukan satu persatu atau bertahap sehingga kepercayaan konsumen terhadap brand pun akan meningkat signifikan.

  1. Media Sosial

Dewasa ini media social menjadi salah satu wadah terbaik utuk membangun sebuah brand. Pengenalan brand melalui media social mampu memberikan hasil yang begitu memuaskan.

Selain untuk pengenalan, media social juga bisa dimanfaatkan sebagai media untuk berinteraksi dengan konsumen maupun calon konsumen. Disini Anda dituntu untuk menciptakan brand experience yang sesuai dengan keinginan calon konsumen serta melibatkan mereka pada bagian brand narrativenya.

Meski terdengar mudah, namun pembangunan brand melalui media social juga membutuhkan strategi yang tepat.

  1. Content Marketing

Untuk membuat konten marketing, Anda perlu membuat artikel yang relevan, menarik dan memiliki nilai. Pembuatan konten yang menarik akan membantu Anda sebagai seorang expert pada bidangnya. Nantinya hal ini akan berpengaruh pada peningkatan brand awareness.

Pembuatan konten marketing juga harus informative dan bernilai positif. Tujuannya ialah untuk membantu menekankan citra dan pesan dari bisnis atau merek terkait.

  1. Influencer Marketing

Influencer marketing ialah strategi pemasaran dan promosi prduk melalui para influencer di media social, seperti YouTube, Instagram, Twitter, blog dan lain sebagainya. Influencer disini ialah mereka yang memiliki banyak pengikut dan bisa memberi pengaruh besar pada para pengikutnya.

  1. Event Marketing

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membangun brand ialah dengan mengadakan event. Pembuatan event marketing ini akan memancing perhatian konsumen dan calon konsumen, semisal acara launcing produk, promosi, seminar dan lain sebagainya.

Melalui event, Anda juga berkesempatan melakukan interaksi secara langsung dengan calon konsumen.

  1. Sponsporship

Langkah lain yang tak kalah efektif dalam pembentukan brand awareness ialah dengan menjadi sponsor pada sebuah event guna mencapai target audience. Dalam hal ini sebaiknya Anda memilih event yang relevan dengan brand dan menyediakan audience yang sama dengan sasaran calon konsumen Anda.

Jenis Konten Promosi Untuk Meningkatkan Brand Awareness

Langkah lain untuk meningkatkan brand awareness ialah dengan memaksimalkan konten promosi. Jenis konten promosi sendiri ada 5, berikut penjelasannya:

  1. Pengenalan Produk

Disini Anda bisa menjelaskan produk yang dijual secara lengkap, mulai dari jenis hingga detailnya. Tujuannya adalah agar audience mengerti apa yang Anda tawarkan dan apa kelebihan yang Anda miliki.

  1. Promo dan Diskon

Promo dan diskon adalah strategi umum yang paling menarik bagi konsumen. Dimana konsumen masa kini sangat mudah tertarik dengan produk-produk yang sedang menawarkan diskon atau promo.

  1. Lead Generation

Jenis konten ini digunakan dengan tujuan pengumpulan kontak dari target konsumen Anda. Nantinya kontak yang sudah terkumpul bisa dijadikan sebagai media penjualan yang lebih efektif dan terarah.

  1. Video Marketing

video marketing merupakan bagian dari aktivitas pemasaran. Konsep yang hadirkan dapat menghibur dapat meningkatkan brand awareness serta mengedukasi bagi yang menyaksikan. Dan kini, bentuk video bisa disajikan ke dalam berbagai jenis konten sesuai platform yang digunakan.

  1. Kuis

Setelah mendapatkan konsumen dalam jumlah banyak melalui promo dan diskon, Anda bisa mengadakan kuis untuk meningkatkan brand awareness. Pengadaan kuis juga bagus dilakukan untuk memancing interaksi dengan calon konsumen baru dengan mengikuti kuis yang diadakan brand, perserta kuis jadi teredukasi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan produk-produk brand hingga mereka menjadi pelanggan setia nantinya.

Tertarik untuk memasang kuis dengan mudah tanpa ribet? Ga perlu pusing menentukan pemenang dengan jumlah ribuan peserta! Cukup siapkan soal dan hadiahnya, dipastikan para peserta kuis akan berlomba-lomba mengikutinya. Dan dapatkan ribuan trafik pengunjung setiap harinya!

Segera pasang kuis di platform kuis online kuismilioner.com, platform kuis online berhadiah pertama di Indonesia. terbukti sudah banyak brand yang merasakan manfaat promosinya dan menghasilkan profit penjualan.

kuis online berhadiah
kuis online berhadiah