Awas! 6 Kebiasaan ini Dapat Merusak Metabolisme Dan Mempengaruhi Kesehatanmu

0
17
Awas! 6 Kebiasaan ini Dapat Merusak Metabolisme Dan Mempengaruhi Kesehatanmu

Selamat memulai hari lagi di hari senin ini Milioners! Setelah 2 hari kita libur di akhir pekan, sekarang saatnya kita disibukkan kembali dengan rutinitas sehari-hari. Berbagai kegiatan tentu membuat tubuh kita bergerak lebih banyak untuk melakukan sebuah pekerjaan.

Segala jenis pekerjaan tentu selalu ada hubungannya dengan tubuh kita, baik itu pekerjaan berat atau ringan sekali pun.

Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang merusak metabolisme yang dapat memengaruhi kondisi tubuh manusia. Milioners benar-benar perlu menghindari hal-hal berikut ini. Jadi, coba simaklah!

Metabolisme adalah sesuatu yang mempengaruhi berfungsinya tubuh manusia. Metbolisme tidak hanya dikendalikan oleh apa yang kita makan dan seberapa sering kita berolahraga. Namun kadang-kadang ada kebiasaan sehari-hari kita yang dapat merusak metabolisme, bahkan jika tidak berhubungan dengan berat badan dapat menyebabkannya sakit yang lebih serius. Seperti misalnya seseorang hanya sedikit membakar kalori sepanjang hari, maka seseorang berisiko akan lebih banyak menimbun lemak dalam tubuhnya.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering kita lakukan dan perlu dihindari untuk meningkatkan metabolisme.

1. Duduk Berlama-Lama

Menghabiskan banyak waktu duduk di depan komputer di tempat kerja atau menonton TV di malam hari adalah salah satu kebiasaan sehari-hari yang merusak metabolisme. Bahkan pada pria aktif yang memenuhi kegiatan berolahraga, duduk selama tiga jam atau lebih per hari akan berada pada 74% peningkatan risiko sindrom metabolik.

Mereka mungkin berada di sekelompok faktor risiko seperti penyakit jantung, obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Alasan utama untuk ini adalah bahwa otot tidak harus bekerja keras sehingga membakar lebih sedikit lemak. Ini juga dapat menyebabkan sensitivitas insulin yang buruk.

2. Tidak Mencuci Sayur/Buah Sebelum Memasak atau Memakan Mentah-Mentah

Buah-buahan dan sayuran yang biasa digunakan, terutama dikelilingi oleh kandungan pestisida yang tersebar di atasnya untuk membuatnya tumbuh lebih banyak dapat menyebabkan sindrom metabolik dan obesitas.

Penelitian menunjukkan bahwa polutan disimpan dalam jaringan lemak di mana mereka menyebabkan peradangan dan dengan demikian mempengaruhi jalur yang mengatur metabolisme. Jadi, sangat disarankan agar Anda mencuci sayuran dan buah-buahan sebelum Anda benar-benar akan mengkonsumsinya.

3. Malas Mencuci Tangan

Para peneliti mengatakan bahwa virus pernapasan umum yang disebut adenovirus-36 dan obesitas saling terkait, karena virus tersebut tampaknya mengubah sel induk menjadi sel lemak. Untuk mengurangi risiko infeksi virus ini, seseorang perlu mencuci tangannya untuk menghilangkan bakteri dan virus berbahaya.

4. Tidur Larut Malam / Kurang Tidur

Tidur terlalu larut menyebabkan kamu menjadi kurang tidur termasuk kebiasaan yang dapat merusak metabolisme serta meningkatkan kadar kolesterol, sehingga dapat meningkatkan berat badan dalam tubuhmu. Seseorang seharusnya tidak makan dalam waktu tiga jam sebelum tidur dan harus menghilangkan atau setidaknya mengurangi kafein untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan mencapai tujuan siklus tidur antara 7 hingga 9 jam per malam.

5. Sering Makan Makanan Berlemak

Sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik, seperti hal yang satu ini. Lemak merupakan sesuatu yang juga dibutuhkan oleh tubuh namun jika berlebihan, tubuh pun akan mendapatkan dampak yang kurang baik. Lemak adalah sesuatu yang sulit dicerna, makan makanan tinggi yang kaya lemak ternyata dapat mempengaruhi metabolisme. Makanan tinggi lemak akan memperlambat proses pencernaan dan menghasilkan laju metabolisme yang lebih lambat.

6. Stres

Hal ini juga dianggap sebagai salah satu kebiasaan paling umum yang mempengaruhi kesehatan dan menurunkan metabolisme tubuh secara keseluruhan. Orang biasanya mengadopsi kebiasaan makan yang buruk selama kondisi stres. Stres benar-benar memunculkan efek yang terburuk. Saat mengalami Stres, sebagian besar dari kita mulai mengkonsumsi berbagai makanan yang tanpa kita sadari ternyata dapat mengganggu metabolism. Seperti memakan cokelat, makan es krim, mengunyah keripik, makanan manis dan lainnya. Untuk menguranginya, buatlah jurnal makanan untuk melacak makanan dan menunjukkan stresor makanan (kadar stress) dan cobalah untuk melawan keinginan mengidam di saat stres.

Sekarang Milioners udah pada tau khan kebiasaan sehari-hari yang tanpa kita sadari ternyata bisa berdampak tidak baik pada kesehatan tubuh kita. Jika milioners mulai merasakan hal yang kurang baik dari sebelumnya, coba cek kembali kegiatanmu! Siapa tau ada salah satu atau mungkin lebih poin di atas sedang kamu alaminya. Hati-hati ya milioners, tetap selalu jaga kesehatanmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here