Biografi Singkat Kobe Bryant, Sang Legenda NBA

Mantan pemain bola basket profesional Kobe Bryant memenangkan lima gelar NBA bersama Los Angeles Lakers. Kobe Bryant membuktikan diri sebagai salah satu pemain hebat sepanjang masa. Dia meninggal secara tragis dalam kecelakaan helikopter pada 26 Januari 2020.

Siapakah Kobe Bryant?

Kobe Bryant menghabiskan tahun-tahun awalnya di Italia dan bergabung dengan NBA langsung dari sekolah menengah. Pencetak gol dominan, Bryant memenangkan lima kejuaraan NBA dan 2008 MVP Award dengan Los Angeles Lakers. Meskipun musim kemudian dinodai oleh cedera, ia melampaui Michael Jordan untuk tempat ketiga dalam daftar skor sepanjang masa NBA pada Desember 2014 dan pensiun pada 2016 setelah mencetak 60 poin dalam pertandingan terakhirnya. Pada tahun 2018, Bryant mendapatkan Academy Award untuk Film Pendek Animasi Terbaik untuk Bola Basket Dear.

Masa Muda Kobe Bryant

Bryan lahir di Philadelphia, Pennsylvania pada tanggal 23 Augustus 1978. Dinamai seperti nama restoran steak jepang, Bryan merupakan anak dr mantan pemain NBA yaitu Joe “Jellybean” Bryan.

Pada tahun 1984, setelah mengakhiri karir NBA-nya, orang tua Bryant membawa sang keluarga ke Italia, dimana ia bermain di Liga Italia. Tumbuh di Italia bersama dua kakak perempuan yang atletik, Shaya dan Sharia, Bryant menjadi pemain yang rajin bermain bola basket dan sepak bola. Ketika keluarga kembali ke Philadelphia pada tahun 1991, Bryant bergabung dengan tim bola basket Lower Merion High School, membawanya ke kejuaraan negara bagian empat tahun berturut-turut. Dengan memperhatikan NBA, ia juga mulai berolahraga dengan 76ers.

Meskipun dia membanggakan nilai bagus dan nilai SAT tinggi, Bryant memutuskan untuk langsung pergi ke NBA dari sekolah menengah. Dia dipilih oleh Charlotte Hornets dengan memilih keseluruhan ke-13 draft NBA 1996 dan kemudian dipromosikan ke Los Angeles Lakers.

Karier Kobe Bryant Selama di NBA

Di musim keduanya bersama Lakers, Bryant terpilih sebagai starter untuk All-Star Game 1998, menjadi All-Star termuda dalam sejarah NBA pada usia 19. Penjaga tembak kemudian bekerja sama dengan pusat superstar Shaquille O’Neal untuk memenangkan tiga Kejuaraan NBA berturut-turut dan terpilih sebagai first-team all-NBA dari 2002-2004. Dia juga menandatangani kesepakatan dukungan multi-tahun dengan Adidas, Sprite dan sponsor top lainnya.

Meskipun Lakers berjuang setelah O’Neal pergi pada 2004, Bryant tampil gemilang. Dia mencetak 81 poin melawan Toronto Raptors pada Januari 2006, tanda permainan tunggal tertinggi kedua dalam sejarah NBA, dan memimpin liga dalam mencetak gol tahun itu dan berikutnya.

Pada 2008, Bryant dinobatkan sebagai Pemain Paling Berharga dan membawa timnya ke Final NBA, di mana mereka kalah dari Boston Celtics. Di Final NBA 2009, Lakers mengalahkan Orlando Magic untuk memenangkan kejuaraan. Tak lama setelah itu, Bryant menjadi bagian dalam memorial service to honor friend and music superstar Michael Jackson. Tahun berikutnya, Lakers memenangkan gelar kedua berturut-turut dengan mengalahkan Celtics.

Bryant bermain di tim Olimpiade AS 2008 dan 2012, memenangkan medali emas berturut-turut bersama rekan setimnya Kevin Durant, LeBron James, dan Carmelo Anthony, di antara beberapa pemain top lainnya.

Setelah menderita cedera Tendon Achiles pada april 2013, Bryant bekerja keras untuk kembali ke lapangan sebelum membuat dengkul nya retak hanya dalam 6 permainan di 2013 – 2014. Veteran All-Star melampaui Michael Jordan untuk ketiga kalinya sepanjang masa pada daftar skor NBA pada Desember 2014, tetapi musimnya berakhir karena cedera untuk tahun ketiga berturut-turut ketika ia mengalami manset rotator yang robek pada Januari 2015.

Masa Pensiun Kobe Bryant

Meskipun Bryant kembali tepat waktu untuk memulai musim NBA 2015-2016, ia secara pribadi berjuang bersama rekan-rekan setimnya di Lakers. Pada November 2015, ia mengumumkan bahwa ia akan pensiun pada akhir musim. “Musim ini adalah semua yang tersisa untuk saya berikan,” tulisnya di situs The Players ‘Tribune. “Jantungku bisa menahan hantaman. Pikiranku bisa menangani kesibukan, tetapi tubuhku tahu sudah waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal.”

Pengumuman itu mendapat reaksi keras, terutama dari Komisaris NBA Adam Silver. “Dengan 17 pilihan NBA All-Star, MVP NBA, lima kejuaraan NBA dengan Lakers, dua medali emas Olimpiade, dan etos kerja tanpa henti, Kobe Bryant adalah salah satu pemain terbesar dalam sejarah permainan kami,” kata Silver dalam sebuah pernyataan. “Baik berlaga di final atau mengangkat tembakan lompat setelah tengah malam di gym kosong, Kobe memiliki cinta tanpa syarat untuk permainan.”

Jajaran ikon Laker all-star juga memberikan penghormatan kepada Bryant, termasuk O’Neal, Phil Jackson, Pau Gasol, Derek Fisher, Lamar Odom dan Magic Johnson. “Kami di sini untuk merayakan kebesaran selama 20 tahun,” kata Johnson. “Keunggulan selama 20 tahun. Kobe Bryant tidak pernah menipu permainan, tidak pernah menipu kita sebagai penggemar. Dia telah bermain karena cedera, dia telah bermain terluka. Dan kami memiliki lima spanduk kejuaraan untuk ditampilkan untuk itu.”

Pemenang Academy Award

Seperti yang telah dilansir oleh Cinemags, bahwa siapa sangka seorang legenda basket bisa mendapatkan penghargaan bergensi pada Academy Award.

Pada November 2015, Bryant mengumumkan pengunduran dirinya yang akan datang dari Lakers dengan sebuah puisi di situs The Players ‘Tribune, berjudul “Dear Basketball.” Sang Atletik segera mencari orang yang ahli dalam mengubah puisinya menjadi film pendek, termasuk animator Disney Glen Keane dan komposer John Williams.

Hasilnya adalah film berdurasi lima menit, berdurasi 20 detik, yang memulai debutnya di Festival Film Tribeca 2017. Para pemilih Oscar mencatat, yang mengarah ke pemandangan tak terduga Bryant yang menerima Academy Award untuk Film Pendek Animasi Terbaik pada upacara 2018.

Cabang-cabang film pendek animasi dan Seni Film dan Sains Academy of Motion juga menyampaikan undangan bagi Bryant untuk menjadi anggota organisasi. Namun, pada Juni 2018 terungkap bahwa komite gubernur Akademi telah membatalkan undangan, mengatakan bahwa pensiunan bola basket sangat dibutuhkan untuk menunjukkan lebih banyak upaya di lapangan sebelum dipertimbangkan untuk menjadi anggota.

Kedermawanan Kobe Bryant 

Di antara upaya filantropisnya, bintang bola basket tersebut telah bermitra dengan After-School All-Stars nirlaba sebagai bagian dari Yayasan Keluarga Kobe & Vanessa Bryant. Dia juga mengelola perkemahan musim panas tahunan dengan sebutan nama Kobe Basketball Academy.

 

Kini sosoknya yang berkarisnya telah tiada, meninggalkan duka yang teramat dalam. Kobe Bryant mengalami kecelakaan bersama putrinya.

Pada tanggal 26 Januari 2020, Bryant berada di atas helikopter yang jatuh di Calabasas, pinggiran kota Los Angeles. Sembilan orang, termasuk Bryant dan putrinya yang berusia 13 tahun Gianna “Gigi,” pelatih baseball kampus John Altobelli dan istrinya Keri dan putrinya Alyssa, meninggal. Helikopter itu dilaporkan sedang dalam perjalanan dari Orange County ke Thousand Oaks, California di mana Bryant dijadwalkan untuk melatih pertandingan turnamen di Mamba Sports Academy.

Selamat jalan Bryant, beristirahatlah dengan tenang. Sang legenda akan tetap dikenang.

Sumber: biography.com

kuis online berhadiah
kuis online berhadiah