batik-indonesia-1

Negara kita ini, Indonesia memang menjadi salah satu negara yang kaya akan budaya. Bahkan dalam satu negara sendiri Indonesia bisa dikatakan memiliki banyak sekali jenis bahasa daerah.

Menurut data dari Badan Pengembangan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Indonesia memiliki sekitar 652 bahasa daerah. Tentunya, dengan adanya banyak bahasa daerah biasanya juga terdapat banyak suku dan budaya.

Karena tergolong dalam negara yang kaya akan budaya dan mungkin jarang ada yang melestarikan budaya, tidak jarang beberapa budaya Indonesia pernah diakui oleh negara lain.

Adapun beberapa budaya Indonesia yang pernah diakui antara lain:

 1. Kuda Lumping

Kuda lumping adalah tarian tradisional Jawa yang menampilkan beberapa prajurit yang sedang menunggangi kuda. Untuk kuda yang digunakan  biasanya terbuat dari bambu yang dianyam dan dibentuk dengan tampilan seperti kuda.

Kuda lumping juga identik dengan menyajikan atraksi kekebalan tubuh dari deraan pecut, memakan beling. Tidak hanya itu, terkadang beberapa atraksinya juga menampilkan kesurupan, dan kekuatan magis. 

2. Angklung

Alat musik ini biasanya dapat ditemui di daerah Jawa Barat. Angklung biasanya terbuat dari bambu. Cara memainkan alat musik ini yakni dengan menggoyangkannya. Pada November 2010 lalu, UNESCO juga telah menyatakan bahwa Angklung adalah bagian dari budaya Indonesia.

3. Reog Ponorogo

Reog atau Reyog adalah tarian khas Ponorogo, Jawa Timur yang ditampilkan dalam ruangan terbuka yang biasa dijadikan sebagai bahan hiburan masyarakat. Hampir sama dengan Kuda Lumping, Reog juga ternyata mengandung unsur magic dalam penampilannya. 

Penari reog biasanya  paling menonjol karena  dimainkan oleh seseorang dengan kepala singa dan dihiasi bulu merak, biasanya penari Reog juga didampingi oleh beberapa penari Kuda Lumping. 

Baca Juga: Creative Sasirangan Kenalkan Hasil Budaya Suku Banjar Lewat Kuis

4. Batik

Batik adalah kain yang biasa digambar dengan ragam corak menggunakan canting dan malam. Zaman dahulu batik biasanya hanya digunakan oleh orang keraton. Namun, kini batik juga dapat dinikmati oleh siapa saja. Karena dahulu batik hanya digunakan oleh orang keraton, pandangan tentang batik seolah terkesan mewah dan elegan. 

5. Wayang Kulit

Wayang kulit juga salah satu kesenian tradisonal Indonesia yang berkembang di Jawa. Wayang kulit pada umumnya terbuat dari bahan kulit sapi. Kemudian wayang kulit ditampilkan dengan dimainkan oleh seorang dalang yang biasanya juga berperan menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang tersebut. 

Kebanyakan cerita yang disajikan adalah naskah cerita dari Ramayana dan Mahabharata, Pada tanggal 7 November 2003 UNESCO meresmikan pertunjukan wayang kulit menjadi budaya Indonesia. 

6. Rendang

Rendang adalah daging sapi yang biasanya dimasak kemudian dicampur dengan bumbu rempah-rempah. Tampilan dari Rendang umumnya berwarna cokelat keemasan. Masakan khas Padang, Sumatera Barat ini ternyata juga menjadi makanan terenak versi CNN.

Itulah beberapa budaya Indonesia yang pernah diklaim oleh negara lain seperti Malaysia. Kebanyakan budaya yang diklaim oleh Negeri Jiran itu lantaran banyaknya warga negara Indonesia yang tinggal disana dan tetap berusaha melestarikan budaya Indonesia.

Baca Juga: Siapa Bilang Event Budaya ketinggalan Zaman? ini Buktinya, PECAH!!!

Sebagai penduduk negara dengan banyaknya bahasa dan budaya apakah kita harus menunggu diklaim terlebih dahulu oleh negara lain kemudian mengakui dan melestarikannya?

Mari kita mengubah pola pikir seperti itu dan mulai melestarikan budaya sejak dini. Untuk kalian yang masih belum tahu banyak terkait ragam budaya Indonesia, bisa juga mengikuti kuis budaya yang berada di kuismilioner.com

Kalian bisa mengasah dan meningkatkan wawasan kalian. Tidak hanya itu, setelah kalian menjawab pertanyaan di kuis tersebut kalian juga dapat memenangkan hadiahnya yang telah disediakan.

Apabila artikel ini menarik menurut kamu, kamu bisa like, komen, dan share ya. Terimakasih. 

 

kuis online berhadiah
kuis online berhadiah