Fakta Menarik yang Belum Tentu Kamu Tahu Tentang BJ Habibie

Bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie atau sering kita kenal dengan sebutan B.J. Habibie merupakan salah satu putra terbaik bangsa Indonesia yang pernah dimiliki. B.J. Habibie semasa hidupnya telah banyak berjasa untuk negara ini, atas karya-karya yang telah ia torehkan mampu mengangkat sekaligus mengharumkan nama Indonesia.

B.J. Habibie lahir pada tanggal 25 Juni 1936 di Pare-pare, provinsi Sulawesi Selatan. Habibie merupakan “blasteran” dari ibu yang berdarah jawa, dan ayahnya yang berdarah Pare-pare, Sulawesi. B.J. Habibie merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo.

B.J. Habibie menikah dengan Hasri Ainun Besari pada tanggal 12 Mei 1962 di Rangga Malela, Bandung. kisah cinta antara Habibie dan Ainun bermula sejak masih remaja, ketika keduanya masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama. Namun, keduanya baru saling memperhatikan ketika sama-sama bersekolah di SMA Kristen Dago Bandung, Jawa Barat.

Sejak kecil kecerdasan B.J. Habibie memang sudah terpancarkan, hal ini tergambarkan dari cerita saat beliau kecil. Pada saat dirinya berusia sekitar 2 atau 3 tahun, ia sangat gemar sekali bertanya kepada ayahnya yang bekerja sebagai ahli pertanian. Selain itu, pada saat memasuki usia 4 tahun ia sangat menggemari sekali membaca buku.

Atas dasar didikan dari orang tua dan keluarganya serta dibekali pola literasi dan sains yang tinggi, Habibie tumbuh menjadi seorang yang jenius dengan penuh kecerdasan. hingga akhirnya beliau dipercaya oleh negara untuk memimpin negara ini meski dalam kurun waktu yang singkat.

Berikut adalah beberapa fakta B.J. Habibie yang mungkin kamu belum ketahui:

1. Sebagai Bapak Teknologi Indonesia, Mengapa Disebut Demikian?

Berbagai karya dalam hal tekhnologi dihasilkan dari buah pemikiran beliau, maka tak ayal B.J. Habibie mendapatkan segudang prestasi yang membanggakan negara ini. fakta seputar teknologi diantaranya;

  • Pemegang 46 Paten (Dalam dunia kedirgantaraan/penerbangan),
  • Penemu Progresi Crack (solusi untuk kerusakan konstruksi balok di badan pesawat karena kelelahan),
  • Penemu Habibie Factor (penurunan bobot pesawat hingga 25% dari total bobot sebelumnya sebelumnya),
  • Peraih gelar suma cum laude (Gelar Dokter Ingenieur Habibie di Jerman pada tahun 1965 dengan skor sempurna (1.0), suma cum laude),
  • Perancang Dornier DO-31 Pesawat bersistem V/STOL (Rancangan Habibie yang ke-1, pesawat angkut pertama yang bisa lepas landas / pendaratan vertikal),
  • Pesawat tercanggih pada zamannya (N250, pesawat baling-baling penumpang tercanggih pada zamannya zamannya),
  • Teknologi 3 axis dan kontrol digital fly-by-wire (Pesawat N250 adalah pesawat baling-baling penumpang pertama dengan teknologi 3 axis dan kontrol digital fly-by-wire),
  • Berkesempatan mendominasi kategori pesawat turboprop dunia (Jika tidak ada krisis moneter, pesawat produksi N250 RI akan mendominasi kategori pesawat turboprop dunia, bukan ATR (Prancis)),
  • Bukan orang Jerman pertama yang menduduki posisi Wakil Presiden MBB (Pada tahun 1974, Habibie menjabat sebagai Wakil Presiden MBB, industri pesawat terbang terbesar Jerman, bukan orang Jerman pertama yang menduduki posisi tersebut),
  • Satelit luar angkasa Indonesia (Habibie pernah memiliki rencana buat satelit luar angkasa. Indonesia meluncurkan satelit pada tanggal 17 Agustus 1976, Indonesia merupakan negara ketiga yang memiliki satelit, setelah Amerika & Kanada),
  • Habibie effect, Indonesia jadi kebanggaan negara-negara Asia (Peluncuran Satelit Palapa pada tahun 1976, juga membanggakan banyak negara Asia. Peluncuran ini bahkan dipresentasikan di sekolah-sekolah di Asia Tenggara)
  • Penerima nobel von Karman Award (pada tahun 1992, Habibie dianugerahi von Karman Award, Nobel-level di dunia penerbangan),
  • Merancang beberapa jenis pesawat (Pesawat rancangan Habibie selain N250 dan DO31 adalah Fokker F28, C-130, HansaJet 320, Airbus A300, CN235, dan Helikopter BO105),
  • Cerdas dan dapat dipercaya (Hanya butuh waktu 6 bulan, Habibie mampu memecahkan masalah akut stabilitas Fokker 28)
  • Turut berkontribusi di NASA (Draf pesawat Habibie pada DO31 kemudian dibeli oleh NASA)
  • Serta berbagai macam karya dan penghargaan lainnya.

Tak heran dinobatkan sebagai Bapak Tekhnologi Indonesia, karena beliau benar-benar sebagai salah satu orang yang cukup berpengaruh di dunia penerbangan, bukan hanya di Indonesia namun dunia pun mengakuinya.

2. Sebagai Bapak Demokrasi Indonesia, Apa Sebabnya?

Walau hanya sebentar menjabat sebagai pemimpin negeri ini, bapak B.J. Habibie banyak melakukan perubahan di saat negeri ini ibaratnya kapal yang sedang oleng tersambar oleh deburan ombak dahsyat, atau seperti pesawat yang sedang dalam kondisi Stall alias kehilangan daya angkat sama sekali.

Kondisi saat kepala negara (Soeharto) harus lengser dari kepemimpinannya dan negara sedang dalam kondisi tidak sehat, maka B.J. Habibie kala itu sebagai wakil presiden harus mengambil alih dan memutar otak agar kondisi negara kondusif kembali.

Mulai dari isu politik, sosial, ekonomi dan budaya bahkan psikologi seolah-olah bersatu menuntut keadilan serta kebebasan dan Habibie harus menghadapi situasi dan kondisi tersebut.

Dengan tangan dingin B.J. Habibie yang telah lama berada di pemerintahan. Dengan menjadi menteri selama 20 tahun dan sebagai wakil presiden selama 3 bulan lebih akhirnya dengan cepat mengambil kebijakan yang sebijak-bijaknya, setelah tak lama dirinya dilantik menggantikan Soeharto sebagai Presiden RI.

Meski awalnya diragukan setelah dirinya naik, namun dirinya harus tetap berjiwa besar untuk menjalankan agenda reformasi.
Sehari setelah Habibie dilantik sebagai presiden, beliau langsung melakukan perubahan dalam bidang politik dengan melantik kabinet baru yang ia bentuk, yaitu Kabinet Reformasi Pembangunan.

Pada waktu yang sama, Habibie pun melakukan perubahan pada bidang perekonomian, dirinya mengumumkan bahwa Bank Indonesia dipisahkan dari pemerintahan, sehingga BI menjadi lembaga yang independen sudah tak masuk lagi dalam kabinet maupun pemerintahan. Terdapat pula kebijakan terhadap mata uang agar rupiah tidak mengalami lagi inflasi dan krisis moneter yang berkepanjangan.

Tuntutan yang tak kalah penting mengenai hak asasi dan kebebasan demokrasi pun segera dibuatkan kebijakan baru oleh pemerintahan baru yang dipimpin oleh Habibie dengan pertimbangan yang sangat matang.

Alhasil keputusan yang diambil seperti setiap orang berhak mengeluarkan pendapat, Kebebasan Pers, PNS tak lagi berkewajiban memilih Golkar dalam pemilu serta memberi kebebasan membuka kesempatan untuk membuat partai politik sesuai undang-undang.

Dengan jasa dan segala kebijakan yang ia putuskan, Habibie membawa perubahan yang sangat besar terhadap negara ini, dari sistem pemerintahan orde baru menuju reformasi dengan langkah demokrasi. Atas jasanya maka tak heran Beliau disebut sebagai Bapak Demokrasi.

3. Kolektor Mobil Mewah nan Klasik, Ada Berapa Koleksinya?

Dua fakta yang cukup serius sudah kita bahas, fakta selanjutnya ini tak kalah menarik bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam pada kehidupannya. Selama hidupnya, B.J. Habibie ternyata gemar mengoleksi kendaraan antik yang tentu harganya pun sangat fantastis.

Presiden RI ke-3 ini ternyata tidak hanya cinta tehadap dunia penerbangan, namun ia juga ternyata memiliki kecintaan terhadap mobil atau kendaraan klasik nan mewah.

Hal tersebut tergambarkan pada video yang diunggah salah satu youtuber dengan channel Kevin Hendrawan pada postingan 2 tahun yang lalu.

Kevin dan youtuber lain pada tahun itu mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke rumah B.J. Habibie. Dalam videonya memperlihatkan keadaan rumah yang cukup pantastis, dan yang tak kalah menarik perhatian dengan adanya parkiran mobil di basemant yang memperlihatkan koleksi mobil-mobil mewah pada eranya.

Ternyata sudah cukup lama bapak Habibie menyukai kendaraan asal negara Jerman tersebut sejak dirinya masih duduk di bangku kuliah hingga akhirnya bisa mengoleksi kendaraan mewah tersebut.

Total kendaraan kurang lebih ada 32 mobil klasik nan mewah dalam garasinya dan ternyata tak hanya mobil, namun ada belasan motor besar (Moge) yang menjadi koleksi pribadinya seperti merk Harley Davidson, BMW, Kawasaki dan Honda.

Dari puluhan mobil klasik, ada salah satu yang menarik perhatian, yakni Mercedes Benz 300SL Gullwing. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di ajang International Motor Sport Show di New York, Amerika Serikat, pada 1954. Mobil ini memiliki kecepatan maksimal 260 km/jam yang pada masanya sebagai senjata Mercedes-Benz dalam arena balapan.

Itulah 3 fakta beserta alasan yang kamu harus tahu pada Almarhum B.J. Habibie. Kini sang putra terbaik bangsa telah tiada, namun hasil karya beliau masih bisa kita saksikan dan kenang selalu dengan semangatnya yang bisa kita tiru dan lanjutkan demi membawa kebaikan di negara ini.

Selamat jalan Bapak Teknologi Indonesia, Selamat beristirahat dengan tenang Bapak Demokrasi. Berbahagialah karena bertemu kembali cinta sejati, Ibu Ainun.

kuis online berhadiah
kuis online berhadiah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here