Hari Tanpa Tembakau Sedunia: “Jaga Paru-Paru Dengan Kendalikan Tembakau”

0
13
Hari Tanpa Tembakau Sedunia:

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merancang tanggal 31 Mei setiap tahun sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau (WNTD) dalam singkatan Internationalnya. Tema WNTD atau Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2019 adalah “Kesehatan tembakau dan paru-paru”.

Paparan tembakau akan mempengaruhi kesehatan paru-paru manusia dan menyebabkan berbagai penyakit terkait, termasuk kanker paru-paru, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), TBC, asma, radang paru-paru, bronkitis dan infeksi saluran pernapasan bawah, dll. Tindakan paling efektif untuk meningkatkan paru-paru kesehatan adalah untuk mengurangi penggunaan tembakau dan paparan asap rokok bekas. Namun, potensi pengendalian tembakau untuk meningkatkan kesehatan paru-paru diremehkan.

Dengan mengadopsi “Tembakau dan kesehatan paru-paru” sebagai tema WNTD 2019, WHO mendorong para pihak untuk mengorganisir kampanye untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak negatif tembakau terhadap kesehatan paru-paru orang, dari kanker hingga penyakit pernapasan kronis, dan pada peran mendasar paru-paru bermain untuk kesehatan dan kesejahteraan semua orang. Ini juga bertujuan untuk mengadvokasi kebijakan yang efektif untuk mengurangi konsumsi tembakau dan melibatkan para pemangku kepentingan di berbagai sektor dalam perjuangan untuk pengendalian tembakau. WHO merekomendasikan bahwa:

• Pemerintah dan masyarakat di seluruh dunia harus memprioritaskan pengendalian tembakau untuk mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) dari pengurangan sepertiga pada penyakit tidak menular yang disebabkan oleh kematian dini pada tahun 2030.

• Negara-negara harus sepenuhnya menerapkan langkah-langkah pengendalian tembakau MPOWER yang terkandung dalam Konvensi Kerangka Kerja WHO untuk Pengendalian Tembakau (WHO FCTC).

• Orang tua dan anggota masyarakat lainnya juga harus mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan mereka sendiri, dan anak-anak mereka, dengan melindungi mereka dari bahaya yang disebabkan oleh tembakau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here