Inilah-isolasi-karantina-cegah-penyebaran-corona

Corona adalah virus yang sedang menyebar hampir di seluruh dunia saat ini. Penyebaran virus corona ini bisa terjadi dari kontak fisik secara langsung dengan orang lain yang kita sendiri tidak tahu orang tersebut dari mana saja. Dan apakah orang tersebut membawa virus dari luar atau tidak.

Adanya virus ini dapat mengakibatkan infeksi pada saluran pernafasan sehingga mengakibatkan sesak nafas, demam tinggi dan flu biasa sampai flu yang berat.

Melihat perkembangan saat ini, sudah banyak orang yang meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona.

Bagaimana Virus Ini Bisa Menyebar?

Virus ini menyebar antar orang melalui kotoran yang berupa tetesan yang bisa menyebar ketika batuk atau bersin. Namun, tidak menutup kemungkinan virus yang dianggap berbahaya ini menyebar hanya dari hembusan nafas orang yang terjangkit COVID-19.

Itulah sebabnya sejak adanya penyakit COVID-19 semua orang yang mengalami flu harus mengenakan masker. Untuk menghindari kemungkinan penularan virus ini agar tidak semakin meluas.

Gejala dari COVID-19 ini adalah batuk kering, demam yang semakin hari semakin tinggi, mual, sakit tenggorokan, hingga badan merasa nyeri-nyeri.

Mungkin dari gejala tersebut banyak orang yang mengira itu hanya flu tapi dengan tingkatan flu yang berat.

Tapi, ternyata ketika semakin dibiarkan gejala yang dialami tidak kunjung membaik.

Isolasi dan Karantina Penting?

Isolasi dan karantina saat ini menjadi penting dengan melihat semakin merebaknya virus ini.

Penyebaran virus corona terbilang sangat cepat ketika dilihat dari semakin banyaknya korban yang sedang dalam pengawasan, sudah positif terinfeksi, sampai korban yang sudah meninggal dunia karena COVID-19.

Hampir semua wilayah saat ini menerapkan isolasi dan menghimbau untuk seluruh masyarakat mengkarantina dirinya sendiri di rumah masing-masing untuk menghindari penularan virus ini.

Jika dipahami lebih mendalam, istilah isolasi ini digunakan untuk orang yang memang sudah memiliki resiko terpapar virus corona. Sedangkan karantina untuk orang yang telah terpapar namun masih belum menunjukkan gejala sakit.

Karena virus ini menyebar dari cipratan atau hembusan nafas saja, maka orang-orang harus dan wajib diberlakukan isolasi dan karantina terutama orang yang sudah positif terinfeksi harus segera diisolasi.

Orang yang tertular akan menunjukkan gejala secara bertahap dan alangkah baiknya apapun hasilnya harus segera tes kesehatan atau periksa ke dokter.

Karena, jika dibiarkan atau menganggapnya remeh penularan akan terus berlanjut hingga virus ini menyebar lebih luas.

Oleh karena itu, dengan adanya penyebaran virus seperti ini sebaiknya Anda menghindari tempat dimana terdapat kerumunan orang, selalu menjaga kebersihan dengan cara melakukan cuci tangan setelah keluar, sesudah dan sebelum makan.

Dan sudah diimbau hampir di semua wilayah agar menetap di rumah untuk sementara, dan hal itu benar-benar harus dipatuhi demi kebaikan diri sendiri dan orang lain.

Baca juga :

kuis online berhadiah
kuis online