Mau-Ambil Jurusan-Sistem-Informasi

Di era digital saat ini, jurusan sistem informasi memang menjadi salah satu jurusan yang diminati kaum milenial. Mulai dari prospek kerja yang komprehensif, jenis mata kuliah yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari hingga kecakapan khusus sebagai karyawan juga bisa diperoleh dengan menimba ilmu di universitas pada jurusan ini.

Apa Itu Sistem Informasi?

Secara global, sistem informasi dimulai dari komunikasi antar personal. Namun, pengertian tersebut lalu berkembang pula menjadi proses algoritmik serta data yang bisa diakses menggunakan teknologi.

Secara lebih spesifik, sistem informasi atau yang lebih sering disingkat sebagai SI merupakan gabungan teknologi informasi dengan kegiatan pengaplikasian teknologi dalam menunjang operasi serta manajemen.

Dengan demikian, pemahaman banyak orang tentang keidentikan sistem informasi dengan teknologi informasi dan komunikasi atau TIK memang benar tetapi tidak hanya berada di sana.

Ada jangkauan lebih luas dari sistem informasi di mana terdapat interaksi antara manusia dengan teknologi yang berkembang sebagai salah satu media pengembangan bisnis.

apa-saja-yang-dipelajari-di-sistem-informasiApa Saja yang Dipelajari di Sistem Informasi?

Secara umum, jurusan sistem informasi mengedepankan tiga ranah keilmuan. Yang pertama adalah komputer, yang kedua adalah bisnis, dan yang ketiga adalah manajemen. Ketiganya saling berkaitan dan memenunjang dalam suatu sistem informasi yang menjadi sebuah jurusan.

Dengan demikian, jurusan sistem informasi yang ada di universitas memiliki rincian mata kuliah kurang lebih sebagai berikut:

Semester 1

Pada semester pertama, di jurusan sistem informasi sama seperti jurusan lainnya akan banyak mata kuliah umum dan perkenalan. Mata kuliah umum misalnya Wawasan Kebangsaan dan juga Pendidikan Agama. Lalu, untuk mata kuliah perkenalannya sendiri meliputi Manajemen & Organisasi, Sistem dan Teknologi Informasi, Matematika Diskrit serta Bahasa Pemrograman.

Semester 2

Berlanjut ke semester kedua, ada beberapa mata kuliah yang semakin memperdalam ilmu sesuai jurusan yaitu sistem informasi. Adapun mata kuliah yang dimaksud misalnya Wawasan Teknologi & Komunikasi Ilmiah, Algoritma & Struktur Data, serta Arsitektur SI/TI Perusahaan.

Selain itu, ada juga mata kuliah umum yang berisi materi serumpun yaitu Bahasa Inggris dan Pengantar Sistem Operasi. Untuk pengembangan manajemen, terdapat pula mata kuliah Kepemimpinan & Ketrampilan Interpersonal dalam semester kedua ini.

Semester 3

Ketika memasuki semester ketiga terdapat mata kuliah Statistika, Desain & Manajemen Proses Bisnis, Desain & Manajemen Jaringan Komputer, Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak, Pengantar Basis Data, serta Pemrograman Berorientasi Objek. Jadi, setiap mata kuliah sudah semakin menjurus ke detail keilmuan jurusan.

Semester 4

Pada semester keempat sudah mulai ada mata kuliah campuran antara manusia dan teknologi seperti Interaksi Manusia & Komputer, Analisis & Desain Perangkat Lunak, Keamanan Aset Informasi, Desain Basis Data, serta Pemrograman Berbasis Web.

Semester 5

Memasuki semester pertengahan, mata kuliah yang akan diajarkan antara lain Konstruksi & Pengujian Perangkat Lunak, Manajemen Proyek TI, Riset Operasi, Simulasi Sistem, dan juga Perencanaan Sumber Daya Perusahaan serta Manajemen Layanan TI.

Semester 6

Pada semester enam, mata kuliahnya sudah memasuki sistem manajemen seperti Tata Kelola TI, Manajemen Resiko TI, Manajemen Pengadaan & Investasi TI, Manajemen Rantai Pasok & Hubungan Pelanggan, Manajemen & Administrasi Basis Data, Sistem Cerdas dan juga Tata Tulis Ilmiah.

Semester 7

Di tahun terakhir mahasiswa jurusan sistem informasi, akan ada materi tentang Pengukuran Kinerja & Evaluasi TI, Kecerdasan Bisnis, Etika Profesi SI dan Perencanaan Strategis SI/TI. Selain itu, akan ada juga 2 jenis mata kuliah magang seperti Technopreneurship dan Kerja Praktek sebagai mata kuliah pilihan.

Semester 8

Seperti di jurusan lainnya, di semester 8 para mahasiswa harus mengambil mata kuliah pilihan dan juga tugas akhir. Kecepatan kelulusan akan sangat dipengaruhi pada jenis penelitian dan tingkat kedisiplinan dalam menyelesaikan skripsi.

institut-teknologi-sepuluh-nopember-its-surabayaDaftar Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Jurusan sistem informasi terbaik di Indonesia menjadi pilihan favorit bagi calon mahasiswa baru untuk berkuliah di kampus yang dia idam-idamkan.

Program studi sistem informasi terbaik ada di berbagai perguruan tinggi swasta maupun perguruan tinggi negeri.

Saat ini, tidak sedikit kampus dengan program studi sistem informasi yang telah memiliki status akreditasi A dari BAN PT.

No Nama Universitas Jurusan Akreditasi
1 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Sistem Informasi A
2 Universitas Bina Nusantara, Jakarta Sistem Informasi A
3 Universitas Komputer Indonesia, Bandung Sistem Informasi A
4 Universitas Gunadarma, Depok Sistem Informasi A
5 Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga Sistem Informasi A
6 Universitas Mercu Buana, Jakarta Sistem Informasi A
7 Universitas Widyatama, Bandung Sistem Informasi A
8 Universitas Multimedia Nusantara, Jakarta Sistem Informasi A
9 Universitas Kristen Maranatha, Bandung Sistem Informasi A
10 Telkom University, Bandung Sistem Informasi A
11 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Sistem Informasi A
12 Universitas Brawijaya Sistem Informasi A
13 Universitas Tarumanagara Sistem Informasi A
14 Universitas Internasional Batam Sistem Informasi A
15 Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Sistem Informasi A
16 Universitas Airlangga Sistem Informasi A
17 Universitas Indonesia Sistem Informasi A
18 Universitas Dian Nuswantoro Sistem Informasi A
NUS-Computing-sistem-informasi
source: www.comp.nus.edu.sg

Alasan Kamu Harus Memilih Jurusan Sistem Informasi

Setelah mengetahui definisi dan apa saja yang dipelajari, maka selanjutnya kamu juga harus memahami mengapa seseorang harus memilih jurusan ini. Berikut ulasannya.

  1. Dapat Bekerja di Berbagai Perusahaan
    Karena bisa melakukan desain, bisa memanajemen manusia maupun teknologi dan memiliki kemampuan analitikal tinggi, lulusan jurusan sistem informasi akan memiliki kecakapan di berbagai bidang. Oleh karena itulah, sangat mungkin bagi lulusan jurusan sistem informasi untuk bekerja di berbagai perusahaan.
  2. Dibutuhkan di Era Digital
    Di era digital, tentu pengoperasian alat-alat kantor memang sangat kompleks, ditambah aplikasi yang berkembang di kalangan para pelaku industri. Jadi, setelah lulus akan banyak perusahaan membutuhkan alumni jurusan sistem informasi meskipun masih fresh graduate.
  3. Dapat Bekerja Sebagai Karyawan Maupun Freelancer
    Bukan hanya sebagai karyawan, seorang lulusan jurusan sistem informasi juga bisa menjadi freelancer. Tentunya, pekerjaan ini bersifat proyek sehingga tidak membutuhkan tatap muka dan dapat dikerjakan di remote area.
  4. Ilmu yang Selalu Berkembang
    Karena terus ada upgrading, maka ilmu yang berkaitan dengan sistem informasi senantiasa berkembang. Jadi, para lulusan atau mahasiswa sendiri akan menjadi pribadi yang dinamis, mampu berkompetisi dan bisa menghadapi tantangan yang semakin kompetitif.
  5. Tidak Bias Gender
    Berbeda dari beberapa jurusan lain yang sebagian cukup sulit dikerjakan perempuan atau laki-laki, jurusan sistem informasi tidak bias gender. Jadi, baik laki-laki maupun perempuan bisa melakukan studi tingkat tinggi ini dan menjadi lulusan yang kompeten. Di dunia kerja pun yang dinilai adalah karya dan sama sekali tidak bias gender.

Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi

  1. Staff Computer Engineering
    Ada beberapa SOP yang bisa dikerjakan seorang staff di bidang computer engineering. Misalnya saja seperti membangun jaringan untuk transfer data, mengupgrade agar komputer lebih bisa bernilai multifungsi dan masih banyak lagi. Semuanya berkaitan dengan bidang kelimuan yang dipelajari selama perkuliahan.
  2. Analis Data
    Meskipun kedengarannya sederhana, tetapi analis data merupakan pekerjaan yang cukup kompleks. Adapun SOP nya adalah menghimpun data, menyortir data, dan mengumpulkan data sesuai kebutuhan dari perusahaan secara digital.
  3. Database Administrator
    Database administrator adalah orang yang melakukan pembuatan, menerapkan dan mengatur sebuah database. Jika ada yang salah, maka database tersebut juga harus diperbaiki dan dimaintain. Selain itu, pengembangan serta peningkatan kapasitas maupun kinerja database juga dilakukan oleh database administrator.
  4. Application Developer (Android/ iOS)
    Sesuai dengan namanya, maka orang yang bekerja sebagai application developer akan mengembangkan aplikasi. Adapun sasarannya saat ini adalah Android maupun iOS yang saat ini sangat banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
  5. UI/ UX Developer
    User Interface (UI) Developer adalah orang yang pekerjaannya melakukan desain terhadap tampilan website, mobile dan juga dekstop. Di sisi lain, ada juga User Experience (UX) yang memiliki tanggung jawab ketika pengunjung website membuka situs tersebut apakah sudah sesuai kebutuhan atau tidak.
  6. Pengembang Game
    Saat ini, e-sports dan game menjadi salah satu ladang pendapatan dari banyak orang. Salah satunya orang yang memiliki kecakapan di bidang sistem informasi. Selain desain grafis, pengembang game juga membutuhkan ilmu dari seorang lulusan jurusan sistem informasi. Siapa sangka, gaji dari pengembang game cukup tinggi dibanding pekerjaan lainnya.

Alasan Kamu Harus Memilih Jurusan Sistem Informasi

kuis online berhadiah
kuis online