Kontroversi Hingga Fakta Tersembunyi Film Joker

Hai Milioners, tahu nggak? Beberapa minggu belakangan ini dunia maya termasuk sosial media sedang sibuk membicarakan film terbaru yang mengangkat satu tokoh karakter dari komik DC. Joker, adalah nama tokoh yang nggak asing lagi terutama bagi pembaca komik. Kebanyakkan orang mengatakan bahwa film solo Joker ini adalah film terbaik dalam dekade ini, bahkan ada pula yang sangat menikmati atas kekacauan yang dibuat oleh tokoh ini dalam filmnya.

Apa pun pendapatmu, tentu kamu tidak bisa menyangkal lagi bahwa film ini memang sangat menarik perhatian semua orang. Bagi yang menontonnya tentu akan mengundang diskusi terhadap penokohan penjahat ini, kehidupan masyarakat, kekerasan yang terjadi hingga kebebasan berbicara dalam film tersebut.

Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang film Joker! Jadi, geserlah ke bawah untuk memanjakan matamu atas fakta yang terkumpul dalam film Joker. Jangan lupa bagikan ke teman-temanmu biar nggak penasaran dengan tokoh yang selalu jadi musuh bebuyutannya Batman.

Fakta Menarik dan Tersembunyi di Film Joker:

  1. Film Joker tidak Diputar di Bioskop Aurora, Colorado

Kontroversi Hingga Fakta Tersembunyi Film Joker

Hal ini dilakukan atas permintaan dari tiga keluarga korban dan seorang ibu sebagai saksi penembakan massal yang terjadi selama pemutaran film The Dark Knight Rises di tahun 2012. Mereka menandatangi surat kepada pihak Warner Bross untuk permintaan tidak menayangkannya di bioskop tersebut.

  1. Pemeran Joker Pernah Menolak Peran Sebagai Superhero

Kontroversi Hingga Fakta Tersembunyi Film Joker

Beberapa penawaran peran sempat datang kepada Phoenix untuk memainkan tokoh superhero pada Marvel Cinematic Universe (MCU). Tokoh superhero yang ditawarkan diantaranya Hulk dan Doctor Strange. Ia beralasan, karena dirinya merasa kurang pas dengan sekuel dan crossover yang lahir di film superhero.

Merasa karakter superhero kurang pas, tak ayal pada akhirnya supervillain jatuh pada keputusannya. Awalnya dirinya pun sempat menolak untuk memerankan tokoh jahat yang selalu diulang-ulang ini. Namun, ternyata keputusan yang diambil pun atas dorongan dari sang ibu dan saudara perempuannya. Ya, ternyata Phoenix tidak mengambil keputusan dengan sendirinya, namun keluarganya pun turut diajak berdiskusi untuk memerankan tokoh Joker ini. Wah keputusan Ibu memang super tepat ya, karena terbukti film yang ia bintangi sukses di tangga box office dan meraup keuntungan yang besar. Sebelumnya, Joaquin hampir menjadi pemeran Batman dalam film Batman: Year One besutan Darren Aronofsky, namun film itu dibatalkan.

  1. Joaquin Phoenix Lakukan Diet ketat Untuk Transformasi Tubuhnya

Kontroversi Hingga Fakta Tersembunyi Film Joker

Saat mempersiapkan perannya, Phoenix lakukan diet ketat untuk menurunkan berat badanya agar sesuai dengan karakter Joker yang ia perankan. Alhasil, Phonix berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 52 Ponds atau setara 23,6 Kg. Sama halnya dengan actor Hollywood yang dituntut atas perannya, Phonix pun lakukan secara totalitas. Kamu bisa lihat perbandingan tubuhnya pada foto di bawah ini.

  1. Alur Cerita Mengikuti Novel Grafis ‘Batman: The Killing Joke’

Kontroversi Hingga Fakta Tersembunyi Film Joker

Film Ini berlatar pada tahun 1981 yang dilakukan dengan sengaja, menurut sutradara Todd Phillips, ini dilakukan untuk menjauhkan film dari kisah terkini di DC Extended Universe. Alur pada film Joker mengikuti alur pada novel grafis ‘Batman: The Killing Joke’ yang meneritakan tentang seorang comedian yang gagal. Walau berjudul Batman, ternyata isi dalam novel ini berkisah tentang perjalanan hidup musuh bebuyutan Batman, siapa lagi kalau bukan Joker.

Dalam Batman: The Killing Joke, mengisahkan lahirnya karakter Joker. Ia hanya membutuhkan “satu hari yang buruk” untuk menjadi tampak seperti itu: dirinya gagal sebagai komedian, istri yang sedang mengandung calon anaknya mati karena sebuah musibah, dan saat terpaksa menjadi seorang perampok, ia tercebur ke dalam larutan kimia yang mengubah tubuhnya jadi berwarna putih sehingga rambutnya menjadi hijau.

Mungkin cerita dalam novel tidak sama persis dengan Film Joker yang telah ditayangkan, namun alur kemunculannya tetap berkiblat pada novel tersebut.

  1. Setidaknya Ada 3 Tawa Berbeda Yang Dilakukan Joker

Kontroversi Hingga Fakta Tersembunyi Film Joker

Sebelum Syuting, Sutradara Phillips Memberitahu Joaquin Phoenix bahwa dia membayangkan tawa Joker sebagai sesuatu yang menyakitkan. Ada 3 jenis tertawa yang dilakukan oleh tokoh Joker, diantaranya tertawa ‘penderitaan’, tertawa ‘seorang pria’ dan tertawa ‘sebuah kegembiraan’ di akhir cerita. Tertawa pemeran Joker didasari atas video tertawanya seorang patologis atau sebuah prilaku yang sangat tidak wajar, seperti penyakit bipolar.

Selain mendalami tertawanya yang khas, Phoenix mempersiapkan perannya dengan mempelajari gerakkan bintang film bisu seperti Buster Keaton Dan Ray Bolger. Selain itu, Film Silent ‘The Man Who Laughs’ Juga Pengaruh Besar Pada Film Joker.

  1. Joaquin Phoenix dan Heath Ledger Adalah Teman Baik

Kontroversi Hingga Fakta Tersembunyi Film Joker

Heath Ledger adalah actor pemeran Joker di film The Dark Knight (2008). Ia berhasil memenangkan Oscar atas actingnya dengan kategori Best Supporting Actor pada tahun 2009. Dengan prestasi Heath yang tak diragukan lagi, Phoenix pun mempelajari karakter Joker yang sempat diperankan oleh teman baiknya ini.

Namun disayangkan, sang Pendahulu Joker tersebut telah meninggal disebabkan overdosis pada januari 2008, kulang lebih 5 bulan sebelum filmnya, The Dark Knight dirilis.  Banyak yang mengatakan, kematiannya disebabkan akibat karakter Joker yang ia perankan. Pasalnya, saat Heath lakukan pendalaman karakter, ia sempat mengurung dirinya dalam kamar hotel selama 45 hari demi mendapatkan karakter Joker yang memiliki gangguan kejiwaan.

  1. Kupas Tuntas Fakta Film Joker di Majalah Cinemags Edisi Joker

Kontroversi Hingga Fakta Tersembunyi Film Joker

Untuk kamu yang memainkan kuis di Kuismilioner.com, kamu bisa lakukan penukaran Milipoint (redeem) dengan hadiah majalah Cinemags Edisi Spesial Joker. Buat kamu yang ingin mengulik lebih dalam film Joker, kamu bisa membacanya pada majalah Cinemags. Nggak cuma seputar faktanya aja, ada Special Preview BTS mengenai film Joker. Selain itu, kamu juga bisa dapat info tambahan mengenai film-film yang akan hits di awal tahun 2020 seperti Wonder Woman, Bond 25, Top Gun:Mavericks, The King’s Man, Mulan dan banyak lagi.

Biar kamu nggak kudet, sekarang coba cek Milipoin di akun KuisMilioner. Jika mencukupi tukarkan dengan Majalah Cinemags Edisi Joker sekarang juga. Cepetan! Sebelum kehabisan.

kuis online berhadiah
kuis online berhadiah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here