10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2020

Bagi Anda yang ingin cari tahu informasi terbaru mengenai 10 universitas negeri terbaik di Indonesia tahun 2020, mungkin informasi ini akan membantu.

Berikut daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

Perguruan tinggi yang terletak di Depok dan Jakarta ini sudah terkenal di Indonesia. Dengan jumlah 14 fakultas dan program vokasi, kampus ini berhasil mencetak generasi penerus yang unggul dan hebat.

Berdasarkan laman UI, kampus yang kerap disebut dengan Kampus Kuning berhasil mendapatkan 8 peringkat sebagai perguruan tinggi terbaik selama tahun 2008-2016.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Sekolah tinggi negeri yang berhasil masuk ke dalam daftar 10 universitas negeri terbaik di Indonesia tahun 2020 adalah ITB.

Cukup banyak pemuda yang tertarik dan berlomba untuk bisa menjadi salah satu bagian dari Institut Teknologi yang terletak di Bandung ini.

Tidak hanya tentang teknik saja yang menjadi prodi di kampus ini, melainkan beberapa bidang lain seperti ekonomi yang sama berkualitasnya.

Baca juga : 10 Universitas dengan Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia

3. Universitas Brawijaya (UB)

Selanjutnya, ada universitas dari Kota Pendidikan yaitu Kota Malang. Unibraw atau bisa juga disebut UB ini berhasil menduduki peringkat tiga pada daftar universitas negeri terbaik di Indonesia.

Banyak mahasiswa dari seluruh wilayah di tanah air yang tertarik dengan kampus berstandar internasional ini. Kampus yang dulunya masih memiliki 2 fakultas yaitu ekonomi dan hukum kini berkembang pesat menjadi kampus unggulan yang memiliki beberapa fakultas lainnya.

4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Daftar keempat dari 10 universitas negeri terbaik di Indonesia tahun 2020 adalah Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Sama dengan ITB, sekolah tinggi negeri satu ini juga fokus pada bidang sains dan teknologi. Terdapat berbagai program studi yang tersedia disana, Mulai dari program Diploma hingga Pascasarjana tersedia di kampus yang terletak di Surabaya ini.

Baca juga : Mau Ambil Jurusan Sistem Informasi? Baca Ini Dulu yuks

5. Telkom University

Selanjutnya, ada Telkom University yang juga masuk ke dalam daftar 10 universitas negeri terbaik di Indonesia tahun 2020.

Universitas yang terletak di Bandung satu ini sudah berhasil mendapatkan banyak mahasiswa di awal berdiri pada tahun 2013.

Bidang atau jurusan yang disediakan sangat berkaitan dengan dunia kerja sehingga membuat mahasiswa siap untuk masa selanjutnya setelah lulus.

6. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas yang menduduki posisi ke-6 saat ini adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Perguruan tinggi yang terletak di Yogyakarta ini memiliki 18 fakultas dengan 256 program studi.

Banyak sebutan untuk kampus ini, mulai dari universitas nasional, perjuangan hingga pusat kebudayaan. Tidak bisa dipungkiri bahwa memang UGM ini merupakan sekolah unggulan yang diperebutkan oleh banyak anak yang baru lulus SMA.

Baca juga : 20 Daftar Universitas dengan Fakultas Hukum Terbaik di indonesia

7. Universitas Airlangga (Unair)

Kali ini, perguruan tinggi yang menduduki posisi ke-7 adalah Universitas Airlangga (Unair) yang terletak di Surabaya.

Bahkan, hebatnya agi kampus ini juga berhasil menduduki peringkat 521-530 untuk daftar kampus terbaik di dunia.

Tidak heran jika banyak orang yang ingin masuk ke kampus bergengsi ini. Semua fasilitas yang disediakan pun sangat lengkap sehingga mampu menunjang prestasi akademik maupun non-akademik seluruh mahasiswa yang ada di sini.

8. Universitas Sumatera Utara (USU)

Kampus selanjutnya adalah Universitas Sumatera Utara (USU) yang menduduki peringkat ke-8 di 10 universitas negeri terbaik di Indonesia tahun 2020.

Perlu Anda ketahui bahwa berdirinya universitas terbaik ini cukup lama, yaitu 4 Juni 1952. Namun untuk peresmiannya baru di tahun 1957 oleh Presiden Soekarno.

9. Universitas Diponegoro (Undip)

Untuk perguruan tinggi kali ini diduduki oleh kampus yang terletak di Semarang yaitu Universitas Diponegoro (Undip).

Kmpus ini baru berdiri di tahun 1960 jauh sebelumnya hanya ada UGM universitas yang ada di Jawa Tengah.

Awal berdirinya Undip ini sebenarnya hanya untuk memenuhi kebutuhan dari jenjang pendidikan yang tinggi.

Khususnya untuk warga Jawa Tengah yang berada di bagian Utara. Namun, seiring berjalannya waktu yang awalnya disebut dengan UNiversitas Semarang Diubah Presiden Soekarno menjadi Universitas Diponegoro (Undip).

Baca juga : Jurusan UNAIR (Universitas Airlangga) yang Sepi Peminat di Tahun 2020

10. Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)

Pada peringkat ke-10, daftar universitas negeri terbaik diduduki oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) yang terletak di Surakarta.

Karena memang memiliki kualitas yang semakin lama semakin baik, akhirnya perguruan tinggi ini tidak hanya memiliki kampus di Surakarta saja.

Melainkan juga di Kebumen, Jawa Tengah. Tidak sedikit anak-anak penerus bangsa yang ingin melanjutkan pendidikan disini guna menggapai cita-citanya.

Itulah 10 universitas negeri terbaik di Indonesia tahun 2020 yang harus Anda ketahui. Terutama bagi Anda yang akan lulus dari tingkat SMA dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Dari kesepuluh universitas tersebut, mungkin akan membantu Anda dalam membuat rencana untuk mengikuti SNMPTN atau jalur lainnya.

kuis online berhadiah
kuis online