10 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia

Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia – Berbicara mengenai jurusan psikologi, kini jurusan tersebut telah menjadi buah bibir di kalangan remaja sekolah menengah atas (SMA) yang ada di tanah air kita.

Banyaknya peminat pada jurusan tersebut berdasarkan beberapa faktor yang melatar belakanginya, mulai dari akses lapangan pekerjaan yang terbilang mudah didapat, karakteristik jurusan psikologi itu sendiri, hingga keunikan yang dimiliki jurusan tersebut beda dari yang lainnya. Dengan adanya hal tersebut, membuat sejumlah universitas mulai membuka jurusan tersebut pada kampus mereka.

Berikut 10 universitas yang memiliki peminat paling banyak dan terbilang menjadi favorit bagi para calon mahasiswa baru. Pastinya universitas yang sudah memiliki akreditasi mencakup nilai A oleh BAN-PT, menjadi pilihan mahasiswa baru. Inilah jurusan psikologi terbaik yang ada di Indonesia menurut versi BAN-PT universitas.

No Universitas Akreditasi
1. Universitas Indonesia

A

2. Universitas Gajah Mada (UGM)

A

3. Universitas Airlangga (UNAIR)

A

4. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

A

5. Universitas Mercu Buana Yogyakarta

A

6. Universitas Sanata Dharma

A

7. Universitas Muhammadiyah Malang

A

8. Universitas Gunadarma

A

9. Universitas Persada YAI

A

10. Universitas Islam Indonesia

A

 

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia menjadi pembuka pertama jurusan psikologi yang ada di negara kita Indonesia. Terbukanya jurusan tersebut dimulai ketika Prof. Dr. Slamet Iman Santoso yang memberikan pidato ilmiah melalui pengukuhannya sebagai guru besar Universitas Indonesia dalam rangka Dies Natalis UI di tahun 1952.

Kelanjutan dari pidatonya yang dilaksanakan pada lingkungan kementerian pendidikan pengajar, dan kebudayaan (PP7K), tanggal 3 maret 1953 yang memunculkan kursus Asisten Psikologi yang dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Selamet.

Baca juga : 9 Jurusan Di UNSIKA Yang Bisa Jadi Pilihan Favorit Kamu, Cek Di Sini!

Tidak lama setelah itu, kementrian PP&K mendirikan Lembaga Psikologi, yang nantinya akan berubah statusnya menjadi Lembaga Pendidikan Asisten Psikologi yang memang secara langsung berada bawah pimpinan UI.

Universitas Gajah Mada (UGM)

Universitas yang satu ini hampir keseluruhan jurusannya menjadi favorit bagi calon mahasiswa baru, hal ini dimungkinkan dengan adanya akreditasi yang baik pada universitas Gajah Mada. Tidak hanya itu saja, jurusan psikologi yang ada di kampus ini memiliki dosen pengajar yang baik dan fasilitas kampus yang bagus.

Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas yang bertempat di Surabaya ternyata memiliki jurusan psikologi yang baik, dengan fasilitas yang bagus seperti laboratorium yang terlengkap di Indonesia untuk jurusan psikologi. tidak hanya itu saja, jurusan psikologi Universitas Airlangga memiliki keunggulan yang baik pada bidang industri.

Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Universitas Padjadjaran memiliki Fakultas Psikologi yang diresmikan pada tanggal 2 September 1961.

Jurusan psikologi yang ada pada kampus tersebut merupakan salah satu jurusan yang menghasilkan lulusan terbaik di Indonesia. UNPAD memasukan jurusan psikologi ke dalam lingkup bidang ilmu pengetahuan lainnya.

Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Fakultas Psikologi yang telah berdiri pada Universitas Mercu Buana Yogyakarta sejak tahun 1993. Perlu kamu ketahui fakultas psikologi yang ada di kampus ini ternyata telah meluluskan hingga 1.459 sarjana psikologi yang sudah bekerja di berbagai instansi serta perusahaan yang ada di Indonesia. hal ini juga perlu kamu ketahui, bahwa fakultas psikologi pada fakultas ini sudah tiga kali berturut-turut meraih Akreditasi A dari Ban-PT.

Universitas Sanata Dharma

Universitas Sanata Dharma menjadi salah satu peraih Akreditasi A untuk jurusan psikologi di Indonesia. Tidak hanya itu saja, dengan fasilitas yang ada terbilang lengkap membuat universitas ini menjadi jurusan psikologi terbaik yang menduduki peringkat ke 10 sebagai jurusan psikologi terbaik di Indonesia.

Universitas Muhammadiyah Malang

Kampus yang terkenal dengan sebutan kampus putih ini ternyata mempunyai jurusan psikologi yang termasuk ke dalam 10 terbaik di Indonesia. hal itu dikarenakan dengan adanya akreditasi yang sudah diperoleh adalah A, selain hal itu Universitas Muhammadiyah Malang telah melahirkan banyak psikologi profesional pada bidangnya. Lulusan pada kampus ini telah menjadi dosen di beberapa universitas yang memiliki jurusan psikologi.

Universitas Gunadarma

Inilah jurusan psikologi terbaik di Indonesia, yang mempunyai Akreditasi BAN-PT yang  mendapatkan A. perlu kamu tau, fakultas psikologi Gunadarma hanya memiliki 1 pilihan dari program studi, diantaranya program studi psikologi.

 Universitas Persada YAI

Universitas Persada YAI merupakan salah satu kampus yang memiliki jurusan psikologi berpredikat A untuk akreditasinya. tidak hanya itu saja, universitas ini juga memiliki  dosen pengajar yang berkualitas, tidak heran jurusan psikologi di fakultas ini mendapatkan akreditasi A.

Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia memiliki jurusan psikologi yang masuk pada daftar 10 besar jurusan terbaik di Indonesia. Universitas ini berlokasikan di daerah istimewa Yogyakarta ternyata memiliki khas dalam jurusan psikologinya, sesuatu yang khas itu adalah psikologi Islam.

tidak heran jika Universitas Islam Indonesia ini kerap kali menjadi penggagas konferensi ataupun seminar internasional yang membahas tentang psikologi dalam perspektif Islam.

Pastinya kamu sudah bertanya-tanya dengan matakuliah jurusan yang ada pada jurusan psikologi, berikut ulasanya akan kami bahas,simak selengkapnya sebagai berikut:

Mata Kuliah Jurusan Psikologi

Mata Kuliah Jurusan Psikologi

  1.     Psikologi Umum
  2.     Biopsikologi dan Psikologi Faal
  3.     Psikologi Perkembangan
  4.     Psikologi Pendidikan
  5.     Psikologi Sosial
  6.     Psikologi Industri dan Organisasi
  7.     Psikologi Klinis
  8.     Psikologi Abnormal
  9.     Mata Kuliah Mengenai Administrasi Test
  10.     Psikologi Anak Khusus
  11.     Observasi dan Wawancara
  12.     Metode Penelitian
  13.     Psikologi Kognitif
  14.     Statistik

Jenjang Karir Jurusan Psikologi

Jenjang Karir Jurusan Psikologi

Tidaklah sedikit orang yang akan bertanya mengenai peluang atau jenjang karir psikologi. Hal tersebut sangat wajar karena masih kurang familiarnya jurusan ini dibandingkan dengan jurusan keguruan yang terlihat jelas. Berikut adalah jenjang karir jurusan psikologi yang harus kamu ketahui.

1. HRD (Human Resources Development)

Kamu lulusan Psikologi, kamu sangat cocok untuk ditempatkan pada HRD. karena pekerjaan ini merupakan yang paling banyak membutuhkan lulusan psikologi. 

2. Konselor

Memiliki tugas utama dari seorang konselor diantaranya memberikan konseling kepada klien. 

3. Psikolog

Jika kamu ingin mendapatkan sebuah psikolog, kamu harus melanjutkan pendidikan ke tahap selanjutnya S2 psikologi. Kamu wajib mengambil jurusan psikologi Klinis.

4. Guru Bimbingan Konseling

Menangani masalah siswa-siswa yang memiliki masalah serta memberikan konseling, setiap sekolah tentunya mempunyai guru BK.

5. Dosen Psikologi

Inilah yang sering dilupakan suatu peluang kerja bagi lulusan psikologi adalah menjadi seorang dosen psikolog. 

6. Terapis Anak Berkebutuhan Khusus

Tugas yang paling utama dari terapis anak berkebutuhan khusus diantaranya adalah memahami perkembangan anak. 

7. Guru Sekolah Kepribadian

Seorang psikolog sanggup menjadi guru sekolah kepribadian. diantaranya lebih sensitif terhadap setiap respon yang ada disekelilingnya, pandai dalam hal menilai reaksi serta respon manusia yang berwujudkan dalam tingkah laku. 

8. Research And Development (RND)

 Inilah suatu pekerjaan dalam bidang penelitian dan perkembangan produk. Penelitian ini kamu harus bisa memperhatikan perilaku pengguna pada konsumen serta efek yang terjadi.

9. Trainer

Kamu termasuk orang yang memiliki hobi berbicara atau  memberikan pelatihan,kamu bisa menjadi seorang trainer pada lembaga training. 

 

kuis online berhadiah
kuis online