Keutamaan Minum Air Putih Di Bulan Puasa, Awas Jangan Sampai Dehidrasi!

Bulan puasa identik dengan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Salah satu yang paling vital bagi tubuh kita salah satunya asupan cairan karena telah kita ketahui bahwa sebagian besar komponen pada tubuh kita adalah Air.

Air merupakan esensi dari alam dan kehidupan. Kita dapat bertahan hidup tanpa makanan selama berminggu-minggu tetapi tidak demikian halnya dengan air. Ini adalah cairan paling penting yang dapat mengisi dahaga kita selama bulan suci Ramadhan. Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa karena mereka hanya minum air untuk berbuka puasa, maka mereka pun mengabaikan saja sampai hari berikutnya!

Agar dapat memenuhi kebutuhan tubuh selama seharian berpuasa, maka sangat penting bagi kita untuk memperhatikan air yang kita minum. Kurangnya cairan dalam tubuh tentu dapat menyebabkan tubuh kita dehidrasi, merasa tidak segar, lemas dan sebagainya.

Mengapa Kita Membutuhkan Air?

Tahukah kamu bahwa air terkandung hingga 60% -70% dari tubuh kita? Itu benar! Itulah sebabnya setiap pengurangan asupan air dapat memengaruhi sel-sel dan saraf tubuh kita agar berfungsi dengan baik. Hal ini tentu sangat penting untuk mengetahui kemana saja hilangnya air dalam tubuh kita, terutama selama bulan Ramadhan.

Terjadinya dehidrasi dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan seperti: sembelit, sakit kepala, pusing, kelelahan dan kulit kering. Bahkan dalam kasus dehidrasi yang parah, bisa saja terjadi komplikasi yang lebih serius seperti masalah ginjal dan kejang yang berarti kamu harus berbuka puasa jika mengalami dehidrasi.

Mengapa Air Putih yang Jenis Minuman Terbaik Untuk Ramadan?

Air benar-benar minuman terbaik untuk mengatasi rasa haus selama bulan Ramadhan, dan ini karena:

Tidak seperti air, minuman lain mengandung banyak gula dan dapat menyebabkan kamu mengonsumsi kalori lebih yang tidak perlu;

Minum minuman yang terlalu banyak di bulan Ramadhan dan meminum minuman ringan lainnya akan memenuhi perutmu dan dapat menunda proses pencernaan yang akan mengakibatkan banyak masalah termasuk gas, kembung, sakit perut, dan kenaikan berat badan.

Baik Untuk Kamu Ingat!

Air memainkan peran penting dalam penurunan dan pemeliharaan berat badan, karena membantu menghilangkan racun dan mengurangi rasa lapar. Inilah sebabnya mengapa penting untuk minum sedikit air sepanjang malam.

Cara Mencegah Kehausan Selama Bulan Ramadan

Jika kamu khawatir tentang kehausan dan dehidrasi, kami memiliki beberapa tips yang akan membantu kamu tetap terhidrasi selama Ramadhan dan mengendalikan rasa haus selama puasa. kamu juga harus tahu bahwa makanan yang kamu makan memainkan peran utama dalam mengendalikan rasa haus Anda saat Anda berpuasa:

Minumlah setidaknya delapan gelas air setiap hari. Jika kamu berolahraga di cuaca panas, kamu kehilangan lebih banyak cairan, jadi pastikan kamu minum lebih banyak air.

Hindari hidangan panas dan pedas karena meningkatkan rasa haus,

Jangan menambahkan terlalu banyak garam ke salad dan hidangan lainnya. Juga hindari makan makanan asin seperti ikan asin dan acar karena mereka meningkatkan kebutuhan tubuh akan air karena menyebabkan retensi air.

Makanlah buah dan sayuran segar karena kaya akan air dan serat. Mereka ‘buah dan sayuran’ tinggal di usus untuk waktu yang lama dan mengurangi rasa haus.

Minum jus buah segar daripada jus manis,

Usahakan untuk tidak minum air dalam jumlah besar sekaligus atau banyak selama makan. Alih-alih, minumlah air di antara waktu makan kamu.

Baik Untuk Kamu Tahu!

Minum air es untuk berbuka puasa tidak mengurangi rasa haus kamu, tetapi dapat menyebabkan pembuluh darahmu berkontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan. Untuk alasan ini, kamu disarankan untuk minum air pada suhu kamar atau sedikit dingin jika kamu mau.

kuis online berhadiah
kuis online berhadiah