cara memilih jurusan kuliah yang tepat
source: https://epics.ieee.org/

Bukanlah suatu yang berlebihan jika Anda menganggap pilihan jurusan kuliah adalah hal yang sangat menentukan nasib hidup bertahun-tahun ke depan. Ilmu yang didapatkan selama menempuh perguruan tinggi dapat menjadi bekal untuk masa depan Anda dalam berkarir.

Ya meski hal tersebut tidak terjadi pada semua orang, banyak di luar sana yang merasa jurusan kuliah tidak begitu berpengaruh pada nasib masa depannya. Meski begitu tapi memilih jurusan kuliah yang tepat tetap harus dipertimbangkan dengan baik. Dengan begitu masa-masa kuliah akan dijalani dengan lebih enjoy.

 

Tips Agar Tak Salah Memilih Jurusan Kuliah

Ketika Anda memilih jurusan kuliah yang tepat, ini akan berpengaruh langsung pada keseriusan Anda menjalani masa pendidikan yang tak sebentar tersebut. Setiap tugas yang diberikan akan dikerjakan dengan lebih serius dan senang.

Nah berikut adalah beberapa tips agar tak salah memilih jurusan kuliah.

  1. Ketahui Minat dan Hobi

Mengetahui minat dan hobi Anda adalah satu hal yang sangat penting. Dimana Anda bisa menentukan jurusan kuliah sesuai dengan minat dan hobi yang dimiliki. Mengapa demikian? Ketika pendidikan ditempuh sesuai dengan minat dan hobi, Anda pun akan menjalaninya dengan senang dan segala tugas yang menempuk tak akan terasa sebagai beban.

Semisal jika Anda memiliki minat dan hobi melukis, maka bisa memilih jurusan seni atau jurusan lain yang relevan. Pilihan jurusan yang sesuai minat dan hobi juga bisa jadi orientasi karir yang baik lho.

Baca juga : 5 Cara Untuk Perangi Bad Mood

  1. Kenali Potensi Diri

Di samping minat, potensi atau bakat pun bisa jadi bahan pertimbangan yang tak kalah peting. Akan lebih optimal jika minat dan hobi diimbangi dengan kemampan. Tentunya setiap orang mempunyai keunggulan masing-masing yang bisa dikembangkan lag.

Dengan mengenali potensi yang ada pada diri sendiri, Anda akan lebih mudah memilih jurusan kuliah yang sesuai kemampuan diri dan ini bisa jadi batu loncatan untuk terus mengembangkan potensi pada diri Anda.

  1. Pertimbangkan Peluang Karir

Tak bisa dipungkiri, memang banyak calon mahasiswa yang memikirkan jurusan kuliah hanya untuk meraih kesuksesan di bidang karir. Tapi hal ini tak sepenuhnya salah, mengingat setiap orang pun perlu meningkatkan taraf hidupnya di masa depan dengan bekal ilmu yang dimiliki.

Baca juga : 5 Cara Putihkan Gigi Kuning Akibat Merokok, Cara Terakhir Yang Paling Efektif!

Namun di samping itu, Anda juga harus memperhatikan peluang pekerjaanya. Apakah jurusan yang ingin Anda ambil sesuai dengan lingkungan sosial atau tidak dan lain sebagainya.

  1. Sesuaikan Dengan Keunggulan Universitas

Di setiap universitas, tidak semua program studi seimbang. Nah hal ini juga bisa jadi bahan pertimbangan lain untuk Anda. jika Anda sudah memiliki incaran universitas, perhatikan kembali jurusan yang unggul di universitas tersebut. Biasanya jurusan yang sudah mengantongi akreditasi A akan menawarkan kualitas pendidikan lebih baik, dan ini juga cukup berpengaruh pada persaingan di dunia kerja nantinya.

Itu dia beberapa tips sederhana agar Anda tidak salah pilih jurusan kuliah dan menyesal di akhir. Semoga sukses

kuis online berhadiah
kuis online berhadiah