COVID-19 sudah sangat membuat khawatir sampai resah para penduduk dunia, khususnya Indonesia. Pandemi virus ini sangat membuat tidak nyaman para penduduk Indonesia karena pemerintah pada akhirnya memberlakukan batasan-batasan yang mempersempit gerak para penduduk, terutama dalam beraktivitas.

Para pekerja maupun ibu rumah tangga sangat kesulitan dalam beraktivitas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pemerintah masih memperbolehkan masyarakat luas untuk beraktivitas seperti biasanya, namun harus memenuhi standar kesehatan yang berlaku untuk terhindar dari virus Corona.

Prosedur tersebut adalah pemakaian masker selama beraktivitas baik dalam bekerja maupun saat di luar area kerja. Kemudian, keharusan pemakaian hand sanitizer sesering mungkin sebelum atau sesudah menyentuh atau melakukan aktivitas dengan tangan.

Selain itu, pemerintah juga sangat menganjurkan mencuci tangan untuk apapun sebelum atau sesudah kegiatan.

Untuk semakin mengedukasi masyarakat, pemerintah meminta agar setiap ketua RT/RW memberikan penyuluhan kepada warganya untuk memasang keran air dan sabun di setiap rumah masing-masing.

Peraturan yang berlaku secara umum lainnya adalah tentang physical distanting sejauh kurang lebih 1-2 meter antar setiap individu dalam melakukan aktivitas di luar rumah dan di tempat pelayanan publik.

Dilarang berkerumun lebih dari dua orang dengan jarak kurang dari 1-2 meter. Aturan tersebut bervariasi, tergantung kepala pemerintahan daerah masing-masing.

Untuk keamanan bersama, protokol aman untuk keluar masuk rumah juga telah diberikan dan disosialisasikan, sebagai berikut.

Protokol Keluar Rumah Agar Aman dari COVID-19

Ingat para warga masyarakat yang keluar rumah untuk bekerja, berikut adalah hal-hal yang perlu disiapkan, dikerjakan dan dipatuhi bersama:

  1. Memakai baju lengan panjang atau jaket untuk beraktivitas
  2. Memakai masker yang menutup hidung, mulut dan dagu secara sempurna
  3. Memakai tisu atau sapu tangan saat memegang barang atau benda dan membuangnya segera ke tempat sampah
  4. Mencuci tangan secara benar dan sering dengan sabun
  5. Menjaga jarak dengan orang lain sekitar 1-2 meter
  6. Melakukan setiap transaksi dengan menggunakan transaksi non tunai
  7. Tidak boleh memakai aksesoris berlebihan, tidak memegang wajah setiap saat dan menghindari transportasi umum

Untuk melaksanakan dengan saksama memang bukan hal yang mudah namun kerja sama antar masyarakat sangat diperlukan saat ini agar protokol di atas terpenuhi dan terhindar dari COVID-19.

Protokol Masuk Rumah Agar Aman dari COVID-19

Berikutnya adalah protokol agar aman masuk rumah dan melindungi keluarga tersayang Anda di rumah dari paparan virus Corona. Tidak ada salahnya Anda mengikuti protokol berikut ini secara rutin sehabis aktivitas di luar rumah.

  1. Mengamankan dari jangkauan anak maupun anggota keluarga lain apapun barang-barang yang Anda bawa dari luar
  2. Mencuci tangan, kaki, wajah dan bagian tubuh lain yang terpapar udara atau tidak dilindungi baju segera setelah Anda tiba di luar rumah
  3. Membersihkan semua benda yang Anda bawa dan gunakan selama aktivitas di luar, seperti dompet, kunci, kacamata, handphone, tas dan sepatu dengan cairan disinfektan atau cairan alkohol minimal 60%
  4. Memisahkan pakaian Anda dengan anggota keluarga lainnya setiap sepulang kerja atau aktivitas dari luar
  5. Mandi bersih dengan sabun dan sampo setiap sepulang kerja atau aktivitas dari luar

Baca juga : Kamu Sudah Tahu Larangan & Batasan Selama PSBB? Cek Disini Yuk..

Memang tidak mudah dilakukan menjadikan hal-hal yang ada di protokol keluar dan masuk rumah di atas menjadi kebiasaan rutin, namun sudah kewajiban bersama saat ini untuk saling melindungi sesama masyarakat dari wabah pandemi COVID-19.

Segala cara menjaga kebersihan harus dilakukan untuk memerangi virus Corona ini demi kelangsungan hidup bersama.

protocol-of-leaving-and-entering-house-englishYuk baca tips bermanfaat selama WFH :

kuis online berhadiah
kuis online