Sulit Tunjukkan Kasih Sayang Kepada Orang Tua? Lakukan Langkah Ini!

Sebagai seorang anak, tentu sepantasnya kita memperlakukan orang tua (ayah dan ibu) kita seperti mereka menyayangi dan mengasihi kita tanpa ada syarat atau pun paksaan. Meski kebaikan yang kita berikan tak akan bisa menandingi ketulusan hati mereka, namun tidak akan ada salahnya jika kita menunjukkan perasaan sayang kepada mereka.

Lalu, bagaimana jika kita selama tidak merasa dekat kepada mereka? Jangankan sering ngobrol sharing kepada mereka, sekadar mengekspresikan diri untuk mengutarakan sayang ke mereka saja sangat sulit.

Kesulitan yang terjadi ini dikarenakan tidak terbiasanya kita dalam mengekspresikan diri atau mungkin malah merasa takut atas respon yang akan orang tua kita berikan. Oleh sebab itu, kita akhirnya hanya bisa memendam rasa kasih sayang yang kita miliki kepada orang tua tanpa bisa menunjukkannya.

Maka, pembiasaan diri serta pengorbanan kita sangat diperlukan untuk dapat menunjukkan kasih sayang serta keluar dari zona nyaman. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

Langkah-langkah agar mudah menunjukkan kasih sayang kepada orang tua:

1. Mengenal Bahasa Kasih Sayang

Setiap orang tentu memiliki cara masing-masing untuk mengungkapkan rasa kasih sayangnya. Menurut Dr. Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul “The Five Love Language”, bahasa kasih sayang dapat berupa lima cara, yaitu word of affirmation (kata-kata pujian dan penguatan), Physical touch (sentuhan fisik), Acts of service (tindakan yang meringankan beban atau memberi bantuan), gifts (memberi hadiah), dan quality time (waktu kebersamaan).

Dalam hubungan kita dengan orang tua, kita perlu mengenal bahasa kasih orang tua kita, sehingga kita tahu cara yang tepat untuk menunjukkan kasih sayang kepada mereka, sesuai dengan bahasa kasih yang mereka miliki.

2. Belajar Terbuka

Bagi sebagian orang, menceritakan keseharian hanya dilakukan kepada teman atau pacar. Padahal orang tua kita pastinya juga ingin mendengar cerita hidup kita. tidak perlu bermegah-megah atau bermewah-mewah, justru hal-hal kecil seperti itulah yang memiliki makna sangat berarti di mara mereka.

sekecil apapun usaha kita, pasti sudah membuat orang tua kita bahagia.

3. Masuk ke Dunia Orang Tua Kita

saat kita mengekspresikan diri kepada seseorang, di saat itu pula kita harus memiliki keinginan untuk masuk ke dunia orang tersebut. Tanpa terkecuali kepada orang tua, jika kita ingin mengekspresikan diri kepadanya, maka kita harus mempelajari hal-hal yang mereka sukai dan tidak disukainya.

Membahas topik tentang hal yang orang tua kita senangi serta ikut ambil bagian di dalamnya, bisa berarti hal tersebut menjadi tanda mengekspresikan rasa sayang kita kepada mereka. Selain itu, kita dapat membangun kebersamaan dan kenangan yang indah dalam keluarga yang kita cintai.

4. Mengenang Perjuangan Orang tua

Apa kamu pernah membayangkan rasanya mengandung bayi sepanjang sembilan bulan? atau pernahkah kamu merasakan beban tumpukan pekerjaan demi membahagiakan orang yang kamu sayang?

Ketika orang tua kita berjuang, itulah yang disebut sebagai pertarungan yang sebenarnya. sebagai ibu, setelah menanggung sakitnya perjuangan melahirkan tentu tidak selesai begita saja perjuangannya. Seorang ibu harus berjuang membuat anaknya nyaman, tumbuh, berkembang dengan baik. Tak berbeda jauh dengan seorang ayah, seberapa berat pekerjaan akan dilakukan demi menafkahkan keluarga tercinta.

5. Menghargai Waktu

Setiap hari selama 24 jam, kita tentu merasakan kesibukan dalam mengurus diri sendiri dan kesibukan dari segala aktivitas yang ada. Mulai dari kita bangun tidur hingga kembali ke tempat tidur untuk beristirahat.

Baca juga :

Hari demi hari dilewati dengan tanpa kita sadari, waktu yang telah kita jalani hanya sedikit. Dan parahnya kita terlalu larut dalam kesibukan hingga tak sempat memperhatikan orang-orang di sekitar yang kita sayangi, termasuk kepada orang tua kita.

Jika kita niatkan dan benar-benar berusaha, kita tentu akan bisa membagi waktu khusus untuk orang tua meski sesibuk apapun aktivitas kita. Dengan memiliki waktu khusus, kita pasti akan lebih mudah menujukan rasa kasih dan sayang kepada orang tua kita.

Selagi orang tua kita masih lengkap, ayo lakukan sekarang juga tanpa harus menunda-nundanya kembali. Jangan sampai kamu menyesal karena terlambat menunjukkan kasih sayang kepada orang tuamu.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu bagaimana menunjukan kasih sayang ke orang tua. Kamu juga mungkin ingin melihat artikel kami tentang 4 Alasan Pentingnya Motivasi Dalam Menjalani Kehidupanmu

Oya, jangan lupa follow kami di Instagram dan subscribe channel Youtube kami ya..

kuis online berhadiah
kuis online berhadiah